Comscore Tracker
TECH

Grup GoTo & Lippo Makin Mesra, Matahari Buka Toko Resmi di Tokopedia

Matahari mengupayakan pengembangan omnichannel.

Grup GoTo & Lippo Makin Mesra, Matahari Buka Toko Resmi di TokopediaEmiten ritel Grup Lippo, Matahari Department Store atau LPPF. (Wikimedia/Yoshi Canopus)

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – PT Matahari Department Store Tbk, perusahaan ritel modern yang terafiliasi dengan grup Lippo, mengumumkan kerja sama dengan Tokopedia, entitas e-commerce dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk untuk meluncurkan Official Store Matahari, Senin (11/4).

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Matahari, Terry O’Connor, perseroan menyambut baik pelbagai saluran maupun titik kontak komunikasi berbasis teknologi untuk memasarkan produk fesyen yang berkualitas bagi pelanggan. Hal tersebut juga sejalan dengan visi Matahari untuk menjadi spesialis omnichannel.

Kolaborasi dengan Tokopedia merupakan salah satu upaya strategis Matahari untuk mendorong kemajuan industri kreatif, kata Terry. Matahari senantiasa menghadirkan alternatif pilihan belanja kepada seluruh pelanggan.

“Kami berharap kerjasama ini dapat memfasilitasi peningkatan permintaan produk fesyen dan mendorong perkembangan industri fesyen nasional lebih jauh lagi,” kata Terry dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (12/4).

Dalam rilis sebelumnya, Matahari mengeklaim sebagai platform ritel terbesar di Indonesia dengan 139 gerai di 77 kota. Mereka juga memiliki platform penjualan daring Matahari.com.

Tahun lalu, perusahaan berkode saham LPPF ini meraup laba Rp913 miliar. Padahal, pada 2020 perusahaan itu rugi Rp873 miliar.

Kolaborasi pemasaran daring

Menurut Terry, kehadiran Official Store Matahari di Tokopedia akan semakin mempermudah masyarakat, termasuk pengguna Tokopedia yang tersebar di 99 persen kecamatan di Indonesia. Pengguna bisa mendapatkan pelbagai pilihan produk fesyen lokal maupun internasional di toko tersebut.

Yudhiaji Kusuma, VP of Marketplace Tokopedia, menyampaikan kolaborasi ini beriring komitmen untuk mendukung pegiat usaha lokal, termasuk dari industri fesyen agar mendapatkan platform digital seluas-luasnya.

“Kami percaya bahwa pegiat usaha yang memiliki kanal pemasaran daring lebih tangguh karena mereka berhasil menjaga kelangsungan usaha sehingga lapangan pekerjaan pun tetap dapat dipertahankan. Tokopedia akan terus menggandeng para mitra strategis untuk bersama serta mendorong pemulihan ekonomi nasional,” ujar Yudhiaji.

Tokopedia mencatat menjelang Ramadan tahun ini fesyen menjadi salah satu kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, Oktober tahun lalu grup GoTo turut mengumumkan kolaborasi dengan PT Matahari Putra Prima, perusahaan pengelola ritel Hypemart, yang juga terafiliasi dengan grup Lippo. GoTo bahkan tercatat menguasai 6,74 persen saham MPPA.

Related Articles