Comscore Tracker
TECH

Mengenal Aset Kripto Wemix: Arti, Utilitas, dan Cara Kerja

Wemix memiliki utilitas gim dan DApps.

Mengenal Aset Kripto Wemix: Arti, Utilitas, dan Cara KerjaIlustrasi Wemix. Shutterstock/WindAwake.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Wemix merupakan aset kripto yang patut dipertimbangkan investor. Aset berkode WEMIX merupakan jaringan blockchain yang berfokus pada aktivitas pengembangan gim dan aplikasi terdesentralisasi (decentralized apps/Dapps).

Menurut coinmarketcap, WEMIX adalah jaringan publik yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) berdasarkan algoritme konsensus SPoA atau proof-of-authority yang berbasis stake.

Sebagai protokol sumber terbuka berkinerja tinggi yang bertujuan untuk memastikan desentralisasi, keamanan, dan skalabilitas, WEMIX menyertakan rantai publik yang memungkinkan gim, protokol keuangan terdesentralisasi, dan layanan blockchain lainnya untuk dapat melakukan transisi dan bergabung dengan jaringan.

Wemix dikembangkan oleh Wemade Tree, anak perusahaan Wemade—pengembang video game Korea Selatan—yang bergerak di bidang bisnis blockchain yang memiliki lebih dari 10 anak perusahaan, antara lain Joymax (pengembang Wind runner) dan Flero Games (pengembang Every Town). Perusahaan tersebut juga memegang saham pada beberapa perusahaan pengembang game Korea yang menjanjikan.

Didirikan pada 2000, Wemade berpengalaman meluncurkan sejumlah judul gim populer seperti Icarus, Lost Saga, The Legend of Mir, Avalon Online, Aster Online, Changchun Online, Wind Runner, Wind Runner Z, Icarus M, Candy, dan Viking Island.

Perusahaan tersebut turun membangun sebuah gim bernama MIR yg diluncurkan di 170 negara dan dalam 12 bahasa. Sebelum MIR4, seri MIR Wemade telah mempunyai 500 juta pemain di Cina.

Menurut Indodax, gim tersebut mempunyai pengaturan yang mirip gim Axie Infinity, yakni memakai NFT dan mata uang yang dapat dikonversi pada token eksklusif, serta bisa diperdagangkan pada pasar kripto.

Mata uang pada game MIR4 disebut Darksteel yang bisa digabungkan atau dicetak pada utilitas token DRACO yang memungkinkan pemain untuk menjual maupun membeli aset gim dalam ekosistem XDRACO bentukan Wemix.

Utilitas Wemix

Enkripsi blockchain untuk mata uang kripto, internet of things, cloud computing. Shutterstock/Immersion Imagery

Sebagaimana disebut di awal, Wemix merupakan ekosistem blockchain yang ditujukan untuk menyediakan gim berbasis blockchain serta DAPPS. Saat ini, Wemix beroperasi di atas sistem KLAYN.

Jaringan tersebut diklaim berjalan tanpa hambatan seperti gas fee tinggi atau kecepatan transaksi yang rendah.

Wemix mengaku telah memecahkan masalah tersebut dengan memanfaatkan campuran fungsi blockchain pribadi dan publik dan menghubungkannya dengan rantai perantara di bawah struktur hibrida. Akibatnya, sistem ini meningkatkan skalabilitas game on-chain dengan menyediakan blockchain pribadi untuk mengakomodasi peningkatan jumlah game.

Wemix juga memungkinan penurunan hambatan masuk teknologi bagi pengembang gim tradisional. Pasalnya, perusahaan itu menyediakan middleware yang mengambil alih fungsi gim terkait blockchain dan meminimalkan modifikasi pada game yang ada.

Selain itu, Wemix menwarkan solusi crowdfunding demi menurunkan hambatan finansial untuk masuk ke dalam ekosistem gim. Caranya, dengan mengurangi biaya pengembangan dan menyederhanakan pengalaman masuk yang harus dilalui pengguna baru.

Dikutip dari laman Cermati, Wemix bertujuan untuk membantu adopsi massal gim berbasis blockchain. Di samping itu, pengembang dari jaringan blockchain ini juga berharap mampu memberi solusi bagi para pemain saat dihadapkan dengan aplikasi terdesentralisasi yang tersedia di pasar.

Menurut data coinmarketcap, harga Wemix saat ini mencapai Rp6.632 atau turun dari Rp239.278 pada periode sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Kapitalisasi pasar aset kripto tersebut mencapai Rp1,63 triliun, dan menempatkannya pada peringkat 228.

Wemix memiliki pasokan peredaran suplai 244,29 juta koin, dan maksimal pasokan 1,04 miliar.

Related Articles