Comscore Tracker
TECH

NFC Sebagai Fitur pada Ponsel Pintar: Pengertian dan Manfaat

NFC adalah protokol untuk menghubungkan dua perangkat.

NFC Sebagai Fitur pada Ponsel Pintar: Pengertian dan ManfaatIlustrasi ponsel pintar. Shutterstock/ImYanis

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Near Field Communication (NFC) merupakan fitur bawaan yang tersedia pada banyak varian ponsel pintar. Teknologi tersebut memungkinkan smartphone bertransaksi dengan perangkat lain dalam jarak yang sangat dekat.  

Istilah NFC populer dalam beberapa tahun belakangan, namun teknologi tersebut sebenarnya bukan inovasi baru. Fitur ini telah dikembangkan sejak akhir dekade 1990-an hingga awal 2000-an.

Secara definisi, NFC adalah teknologi yang memungkinkan dua perangkat teknologi untuk berkomunikasi satu sama lain jika berada dalam jarak yang dekat, demikian laman accurate.

Dalam penerapannya, satu perangkat akan bertindak sebagai pemancar, dan yang lain akan bertindak sebagai penerima. Kedua perangkat ini mesti sama-sama memiliki NFC. Sebut misal, smartphone dengan fitur bawaan NFC serta kartu elektronik.

Dikutip dari IDN Times, transaksi melalui NFC juga tidak membutuhkan sinyal, seperti WiFi, LTE, dan lain-lain. Dengan begitu, pengguna yang ingin bertransaksi lewat NFC tidak perlu bingung soal sinyal.

Jadi, NFC adalah protokol untuk menghubungkan dua buah perangkat elektronik yang berada dalam jarak dekat dengan paling jauh mencapai 4cm.

Fungsi NFC

NFC memiliki sejumlah manfaat atapun kegunaan. Yang mungkin paling banyak dikenal adalah fitur tersebut memungkinkan ponsel untuk mengecek ataupun mengisi saldo kartu elektronik (e-money). Berikut sejumlah fungsi NFC, dilansir dari laman Samsung dan Accurate.

1. Mengecek saldo kartu elektronik

Seperti disinggung di awal, NFC bawaan ponsel pintar memungkinkan pengguna untuk mengecek atau mengisi saldo kartu elektronik sebelum menggunakannya.

Pengguna bisa melakukan pembayaran dengan kartu uang elektronik ini untuk sejumlah keperluan, seperti membeli tiket transportasi TransJakarta, Commuterline, MRT, maupun pembayaran tol.  

2. Memasangkan dua gadget (pairing)

NFC memiliki fungsi untuk memasangkan dua perangkat elektronik dengan tujuan pertukaran data. Hal ini bisa dilakukan tidak saja antarponsel, melainkan juga antara smartphone dengan printer, kamera, perangkat audio, dan lain-lain.

3. Melakukan transfer data ke PC

Beberapa perangkat PC saat ini telah dilengkapi dengan NFC. Jika ingin melakukan transfer data dari ponsel ke PC tersebut, maka bisa memanfaatkan fitur NFC ini.

4. Koneksi WiFi

Fitur NFC memungkinkan untuk mengakses WiFi publik tanpa memasukkan kata sandi melalui alat Wi-Fi porter. Caranya yakni dengan menghubungkan ponsel ke porter Wi-Fi tersebut.

Cara kerja dan keunggulan NFC

deleted

NFC memiliki cara kerja dengan mendekatkan dua perangkat elektronik. Secara teknis jenis teknologi yang digunakan NFC ini adalah frekuensi radio lama yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

NFC pada perangkat yang aktif, misalnya pada smartphone, dapat menginduksi arus listrik pada perangkat pasif untuk keperluan transmisi data. Di sisi lain, NFC pada perangkat pasf tak membutuhkan daya untuk menerima transmisi data tersebut.

Itu, misalnya, terjadi pada kartu elektronik yang tak memiliki baterai, namun dapat bertransaksi dengan ponsel pintar.

Dikutip dari Kompas Tekno, meski banyak orang lebih mengenal Bluetooth ketimbang NFC, namun NFC memiliki sejumlah keunggulan seperti sanggup mengonsumsi lebih sedikti daya daripada Bluetooth, dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk memasangkan dua perangkat.

Namun demikian, dalam soal kecepatan pengiriman data, NFC masih kalah dari Bluetooth. NFC hanya bisa memproses data dengan kecepatan 424 kilobit per detik. Sedangkan, Bluetooth sanggup 2,1 Mbit per detik.

Related Topics

Related Articles