Comscore Tracker
TECH

Pemerintah Bakal Perketat Aturan Platform Kripto, Ini Bocorannya

Bursa kripto ditargetkan terbentuk akhir tahun.

Pemerintah Bakal Perketat Aturan Platform Kripto, Ini BocorannyaIlustrasi aset kripto. Shutterstock/Pedrosek

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah Indonesia dikabarkan bakal memperketat aturan platform aset kripto lokal menyusul masalah yang terjadi pada exchanger belakangan, termasuk Zipmex.

Kebijakan baru tersebut dilaporkan tengah disiapkan oleh Kementerian Perdagangan. Di dalam aturan itu, terdapat klausul yang mewajibkan platform untuk memiliki dua per tiga dewan direksi dan komisaris dari warga negara Indonesia (WNI) yang juga harus berdomisili di Indonesia.

“Kami tidak mau sembarangan memberikan izin (ke platform). Jadi, hanya yang memenuhi syarat dan kredibel,” kata Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, dalam keterangan yang dikutip dari Reuters, Rabu (21/9).

Menurut dokumen yang dirilis oleh Kementerian Perdagangan, aturan baru mewajibkan exchanger aset kripto untuk menggunakan jasa pihak ketiga terutama dalam rangka menyimpan dana klien.

Itu belum termasuk klausul yang melarang perusahaan aset kripto menginvestasikan kembali aset kripto yang disimpan oleh nasabah.

Langkah Bappebti

Rencananya, aturan baru ini akan dirilis oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), lembaga di bawah nauangan Kementerian Perdagangan. Namun, belum jelas kapan lembaga tersebut akan meluncurkannya.

Menurut Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko, klausul dua per tiga dewan komisaris dan komisaris harus dari WNI ini demi “mencegah pimpinan perusahaan melarikan diri ketika masalah menimpa bursa."  

Niat pemerintah itu muncul setelah ada masalah yang terjadi pada industri aset kripto domestik. Zipmex, platform aset kripto yang beroperasi di Asia Tenggara, sempat menghentikan penarikan dana pengguna.

Namun, menurut Group CEO dan Founder Zipmex, Marcus Lim, dalam keterangan kepada media, Rabu (7/9), perusahaan mulai melakukan pemulihan aset dan penarikan dana. Dia lantas mengatakan perusahaan berkomitmen untuk bertanggung jawab terhadap keberlanjutan platform.

Dia menyatakan Zipmex berupaya untuk transparan serta melindungi seluruh aset dan memberikan layanan terbaik bagi pengguna.

“Kami menegaskan komitmen perusahaan sebagai platform perdagangan aset kripto yang berusaha memulihkan bisnis serta kepercayaan masyarakat melalui langkah-langkah strategis kami,” kata Lim.

Bursa kripto

ilustrasi : mata uang kripto

Jerry Sambuaga menyatakan pemerintah menargetkan pembentukan bursa aset kripto akan tuntas tahun ini. Pernyataannya ini menjawab pertanyaan ihwal pembuatan bursa yang telah tertunda sejak tahun lalu.

Dalam kesempatan terpisah, Jerry sempat menyatakan bursa dibentuk sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menyikapi perkembangan perdagangan aset kripto. 

“Keberadaan bursa ini sangat penting karena ada banyak hal yang bisa diantisipasi, misalnya, pencucian uang, pendanaan yang tidak baik seperti untuk narkoba dan terorisme, dan perdagangan akan semakin tertib,” katanya di sela acara Block Community Conference di Yogyakarta, seperti dilansir dari Antara.

Tidak hanya itu, tujuan utama pembentukan bursa aset kripto adalah memberikan perlindungan kepada konsumen. 

Pada Juli 2022 transaksi aset kripto di Indonesia mencapai Rp232,45 triliun atau turun 51,43 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Sedangkan pada 2021, keseluruhan transaksi mencapai Rp859,4 triliun, jauh dari Rp64,9 triliun pada tahun sebelumnya.

Related Articles