Comscore Tracker
TECH

Penjualan NFT pada 2021 Tembus Rp356 Triliun

Harganya bervariasi, yang termurah US$100.

Penjualan NFT pada 2021 Tembus Rp356 TriliunKarya NFT. (Shutterstock/Rokas Tenys)

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Token digital yang tidak dapat dipertukarkan (nonfungible token/NFT) booming sepanjang tahun lalu. Menurut DappRadar, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (11/1), penjualan NFT pada 2021 hampir mencapai US$25 miliar atau lebih dari Rp350 triliun. Padahal, tahun sebelumnya hanya US$94,9 juta

Pelacak pasar yang mengumpulkan data NFT di sepuluh blockchain itu  juga menyebut ada sekitar 28,6 juta dompet yang memperdagangkan NFT pada tahun sama, naik dari hanya 545 ribu pada 2020.

Namun, perkiraan volume penjualan NFT bergantung pada penyedia datanya. Sebab, transaksi yang berlangsung offchain, seperti penjualan NFT besar di rumah lelang, sering kali tak tercatat.

Sebagai perbandingan, CryptoSlam, yang juga melacak sejumlah blockchain, mengatakan total volume penjualan mencapai US$18,3 miliar. Sedangkan, laman NonFungible.com, yang hanya melacak blockchain Ethereum, menyebut penjualan US$15,7 miliar.

Variasi harga NFT

Harga NFT naik begitu cepat tahun lalu. Kondisi itu terkadang memicu para spekulan untuk mendapatkan keuntungan dalam beberapa hari.

Menurut NonFungible.com, NFT paling mahal diketahui bernilai US$69,3 juta atau sekitar Rp987,53 miliar, yang terjual dalam sebuah rumah lelang Christie's. Sedangkan, kisaran harga umum NFT adalah antara U$100 (Rp1,42 juta) hingga $1.000 (Rp14,25 juta).

Pada aspek jenisnya, NFT tertagih (collectible) merupakan yang paling populer. Lalu, diikuti NFT utilitas (utility), seni, metaverse, dan gim. Penjualan NFT paling menggiurkan adalah tanah di lingkungan metaverse.

NFT lokal menggeliat

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto (Aspakrindo) sekaligus Chief Operating Officer (COO) Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda, sempat menyinggung tren NFT di Indonesia. Menurutnya, NFT lokal saat ini sedang menggeliat.

Itu tampak dari platform lokapasar NFT TokoMall, yang diluncurkan oleh Tokocrypto, tahun lalu. Platform tersebut telah memiliki lebih dari 10.000 kolektor, 60 mitra resmi, 8.000 NFT art, dan berbagai kategori yang dibagi dalam exclusive NFT (TKO Original, TKO Creative, TKO Lifestyle, dan TKO Stars) dan marketplace.

Related Articles