Comscore Tracker
TECH

Startup E-commerce Cosmart Raih Rp76 Miliar dari East Ventures dkk

Bisnis Cosmart diklaim tumbuh 6x lipat dalam tiga bulan.

Startup E-commerce Cosmart Raih Rp76 Miliar dari East Ventures dkkCosmart Co-Founders Alvin Kumarga dan Robert Tan [kiri ke kanan]. Dok/Cosmart.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Cosmart menyampaikan berhasil mengamankan putaran pendanaan hingga US$5 juta atau lebih dari Rp76 miliar dari sejumlah investor terkemuka, di antaranya Lightspeed, East Ventures, dan Vertex Ventures Sea dan India. Platform e-commerce berbasis keanggotaan ini akan memanfaatkan dana segar untuk mengembangkan bisnisnya.

Cosmart menyatakan diri sebagai one-stop solution untuk pemenuhan kebutuhan bulanan. Dengan membayar biaya keanggotaan sebagai member, konsumen bisa beroleh akses ke produk berkualitas dengan harga kompetitif, membeli produk yang tak ada di platform e-commerce lain, serta mendapatkan produk contoh dari brand baru.

Perusahaan tersebut menawarkan transparansi harga, kualitas tinggi, serta manfaat lain. Dengan demikian, konsumen dijamin mendapat pengalaman belanja positif, serta dijamin menguntungkan.

“Visi Cosmart adalah menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan harga murah untuk kebutuhan rutin pengguna, sehingga konsumen dapat menghemat waktu, uang, dan antiribet,” kata Co-Founder Cosmart, Alvin Kumarga, dalam keterangan resmi dikutip Senin (3/10).

Meski baru berdiri pada kuartal kedua tahun ini, Cosmart telah bermitra dengan 100 prinsipal ternama, seperti Wings, Unilever, Indofood, dan lain-lain, serta memiliki ribuan jenis produk pada 10 kategori.

Bisnis Cosmart

Ilustrasi Cosmart. Dok/Cosmart.

Pendanaan ini, menurut Alvin, akan digunakan untuk memperkuat teknologi dan infrastruktur data, sekaligus membangun kerja sama strategis dengan produsen dan para pemain kunci dalam ekosistem rantai pasokan.

Menurutnya, Cosmart telah menjual lebih dari 100.000 produk, serta meraih pertumbuhan bisnis enam kali lipat dalam tiga bulan terakhir, serta volume belanja bulanan pengguna yang empat kali lebih tinggi ketimbang aktivitas belanja di platform lain.

“Mengelola barang-barang kebutuhan bulanan bisa sangat melelahkan. Cosmart hadir sebagai solusi yang tepat untuk membantu para pengguna untuk menghemat lebih banyak waktu dan uang,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.

Sementara, Partner di Lightspeed, Pachara (Pinn) Lawjindakul, mengatakan perusahaan antusias dengan pendekatan inovatif Cosmart terhadap lanskap belanja online yang padat pemain. Namun, baginya, konsumen senantiasa mencari penawaran terbaik serta harga terendah untuk kebutuhan rutin rumah tangga bulanan.

Related Articles