Comscore Tracker
TECH

Trafik Data Diprediksi Naik Saat Ramadan, Telkomsel Siapkan Antisipasi

Layanan data ditaksir tumbuh sekitar 9,4 persen.

Trafik Data Diprediksi Naik Saat Ramadan, Telkomsel Siapkan AntisipasiTelkomsel Memulai Proses Upgrade Jaringan 3G ke 4G/LTE. Dok/Telkomsel

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel memprediksi kenaikan trafik komunikasi maupun layanan digital pada Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, trafik layanan data atau broadband, misalnya, akan tumbuh 9,4 persen.

Aktivitas layanan digital masyarakat diperkirakan juga akan meningkat, kata Nugroho. Trafik media sosial akan tumbuh 7,5 persen, layanan pesan instan dan konferensi video 21,3 persen, streaming video 15,3 persen, browsing 17,8 persen, gim 34,9 persen, dan e-commerce 18,4 persen.

Di saat sama layanan SMS ditaksir meningkat 4,1 persen. Sebaliknya, trafik layanan panggilan suara akan turun 9,3 persen.

“Pada Ramadan dan Idulfitri tahun ini, dengan harapan pandemi semakin membaik, pemerintah mengeluarkan kebijakan masyarakat dapat mudik dengan sejumlah syarat pendukung. Untuk itu, Telkomsel berupaya untuk mengamankan operasional jaringan di beberapa wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital,” kata Nugroho dalam keterangan pers, Kamis (31/3).

Antisipasi Telkomsel

Telkomsel Memulai Proses Upgrade Jaringan 3G ke 4G/LTE. Dok/Telkomsel

Demi mengantisipasi kondisi itu, kata Nugroho, Telkomsel secara keseluruhan mengoptimalkan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang berfokus pada 500 point of interest (POI) di pelbagai wilayah Indonesia.

Perseroan juga berupaya untuk memperkuat kualitas jaringan, yaitu meningkatkan kapasitas 155 unit BTS 4G/LTE serta menambah 284 unit BTS 4G baru, mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS seluruh wilayah, dan melengkapi lebih dari 255.000 unit BTS 4G yang telah menjangkau 96 persen wilayah populasi Indonesia.

Telkomsel turut menambah kapasitas 932 Gbps untuk Gateway GPRS Support Node sehingga menjadi 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX terdapat penambahan kapasitas 290 Gbps, sehingga menjadi 6.390 Gbps.

Nugroho menambahkan perseroan juga sudah memproses peningkatan jaringan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten yang dimulai Maret hingga akhir tahun ini.

“Hal ini guna memastikan aktivitas secara digital masyarakat, terutama menyambut momen Ramadan dan Idulfitri untuk kebutuhan silaturahmi, berbagi kebaikan, hingga kegiatan ibadah secara optimal dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terkini dari Telkomsel,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, mengatakan perseroan memastikan seluruh jaringan broadband dapat berjalan prima dan ketersediaan seluruh produk maupun layanan tetap terjaga. Perusahaan pun menghadirkan Posko Virtual untuk mendukung aktivitas pengamatan maupun penanganan jaringan serta pengelolaan distribusi produk dan layanan secara hybrid.

Related Articles