Comscore Tracker
TECH

Apple Rilis iOS 15.4, Buka Face ID Tak Perlu Buka Masker

Hadirkan 112 karakter emoji baru.

Apple Rilis iOS 15.4, Buka Face ID Tak Perlu Buka MaskerToko Apple di Shanghai, Tiongkok dipadati orang-orang yang mengantre untuk membeli gadget terbaru perusahaan tersebut. Shutterstock/TonyV3112

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Apple resmi meluncurkan iOS 15.4 dan iPadOS 15.4 untuk upadate di perangkat iPhone dan iPad sejak Senin (14/3). Pembaruan ini menghadirkan berbagai fitur baru hingga perbaikan bug di perangkat. 

Salah satu fitur yang menarik ialah pembaruan Face ID atau sensor wajah yang memungkinkan pengguna Apple membuka kunci perangkat tanpa perlu membuka masker. 

Kita ketahui bersama, opsi fitur membuka kunci perangkat melalui Face ID terkadang digunakan saat melakukan pembayaran elektronik maupun sejumlah mobile banking. Hingga saat ini update hanya akan tersedia untuk iPhone 6S atau yang paling baru agar bisa menjalankan iOS 15.4. 

Tak hanya itu, Apple juga memberikan pembaruan dari jumlah emoji hingga penggunaan pembayaran melalui Tap to pay. 

Hadirkan 112 karakter emoji baru

Untuk memanjakan penggunanya, Apple iOS 15.4 menghadirkan 112 karakter baru dengan 37 emoji dan 75 skin tone. 

Sejumlah emoji baru tersebut antara lain wajah yang meleleh, wajah memberi hormat, hingga wajah dengan mata mengintip. Tak hanya itu, Apple juga menghadirkan emoji baterai merah lemah hingga menggigit bibir. 

Fitur tap to pay

Fitur yang menarik dari iOS 15.4 ialah tap to pay, yakni pembayaran dengan cara tap dari perangkat Apple. 

Tentunya untuk menikmagi fitur ini perangkat harus kompatibel dengan memiliki NFC untuk menerima pembayaran melalui Apple Pay, kartu kredit, hingga kartu debit. 

Terjemahan bahasa baru di Safari hingga suara baru Siri

Untuk memperluas pemahaman pengguna di platform pencarian, Apple menyediakan terjemahan untuk bahasa Italia dan China tradisional di aplikasi pencarian Safari. 

Tak hanya itu, dalam versi ini Apple juga mempebarui perintah suara dari Siri dengan meng-upgrade menjadi lebih netral gender. Akan tetapi, update ini masih terbatas bagi pengguna di Amerika Serikat.

Related Articles