Comscore Tracker
TECH

DBS Gandeng The Sandbox Luncurkan Metaverse

DBS siap akuisisi lahan di metaverse.

DBS Gandeng The Sandbox Luncurkan MetaverseKerja sama DBS dan The Sandbox Pembuatan Metaverse

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Grup jasa keuangan asal Singapura DBS Bank Ltd (DBS) bekerja sama dengan The Sandbox dan Animoca Brands dalam menciptakan metavers bertajuk DBS BetterWorld. 

Kemitraan ini menjadikan DBS sebagai bank pertama di Singapura yang terjun ke dunia metaverse. Langkah ini juga menandai tonggak pencapaian baru dalam perjalanan DBS dalam mengeksplorasi potensi peluang Web 3.0 atau internet generasi ketiga. 

CEO DBS Piyush Gupta mengatakan, selama satu dekade terakhir, perubahan terbesar di industri jasa keuangan dikatalisasi oleh kemajuan digital. Sedangkan dalam beberapa dekade mendatang industri keuangan juga akan didorong oleh teknologi baru seperti artificial intelligence dan blockchain. 

"Teknologi metaverse, yang masih berkembang, juga dapat secara mendasar mengubah cara bank berinteraksi dengan nasabah dan masyarakat," kata Piyush melalui keterangan resmi yang dikuitip di Jakarta, Selasa (13/9).

DBS siap akuisisi lahan di metaverse

The Sandbox. Shutterstock/Ira Lichi

Dalam kerja sama ini, DBS akan mengakuisisi lahan berukuran 3x3 LAND – unit real estate virtual di metaverse The Sandbox – yang akan dikembangkan dengan elemen imersif. 

Piyush menambahkan, perubahan digital terjadi dengan cepat, oleh karena itu pihaknya terus bereksperimen dengan belajar menguji potensi berbagai teknologi. 

"Kemitraan kami dengan The Sandbox dan Animoca Brands menandai awal dari kolaborasi yang menarik di mana kami berupaya melampaui batasan-batasan dari apa yang dapat dilakukan di dunia metaverse," kata Piyush. 

DBS bakal lengkapi SingaporeVerse

Sementara itu, COO and Co-Founder of The Sandbox Sebastian Borget menyambut baik rencana bisnis DBS yang  memasuki open metaverse. Menurutnya, DBS akan berpartisipasi dan memberikan variasi baru dalam upaya menciptakan SingaporeVerse. 

Sebastian menjelaskan, SingaporeVerse ialah sebuah lingkungan di peta virtual yang akan menghidupkan budaya Singapura ke dalam dunia metaverse secara atraktif, netral, dan inklusif yang terbuka bagi semua orang. 

Dirinya juga menyebut, permasalahan ESG merupakan isu yang dianggap penting, dan pihaknya berharap adanya kolaborasi untuk membuat dampak global yang positif di metaverse.

Related Articles