Comscore Tracker
TECH

Ini 3 Cara Root HP Andoid Tanpa PC Dengan Mudah

Gunakan aplikasi KingRoot, FrameRoot hingga RootGenius

Ini 3 Cara Root HP Andoid Tanpa PC Dengan MudahIlustrasi dompet digital. (Shutterstock/Creative Caliph)

by Suheriadi

Jakarta,FORTUNE - Teknologi seakan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Mulai dari laptop, perangkat elektronik, hingga smartphone. 

Bagi pengguna sistem operasi Android, pasti sudah tak asing dengan kata root untuk smartphone. Sebagai informasi, rooting merupakan proses yang memungkinkan pengguna Android untuk mencapai kontrol istimewa dalam subsistem Linux Android. 

Sebagai contoh, pada smartphone tipe lama, terkadang versi Android tidak dapat diperbarui . Padahal, versi dari Android terus mengalami perubahan berkala. Selain itu, root juga bisa menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak perlu. Pengguna pun jadi lebih leluasa mengatur sistem Android masing-masing. 

Namun, perlu dingat, sebelum melakukan root, terdapat beberapa smartphone yang mengharuskan Anda melakukan unlock bootloader terlebih dahulu. Anda juga harus siap menerima konsekuensi dari proses rooting tersebut.  Pasalnya, langkah itu dapat menyebabkan garansi resmi hilang. Selain itu, melakukan rooting membuat sistem Android lebih riskan terserang virus dan malware

Rooting smartphone juga dapat dilakukan tanpa harus menggunakan PC? Berikut tiga aplikasi pendukung untuk melakukan prosesnya:

1. Aplikasi KingRoot

Melalui aplikasi KingRoot, rooting HP Android tanpa PC dapat dikerjakan. Keunggulan aplikasi ini ialah dapat mendukung proses root lebih dari 100.000 tipe smartphone berbasis Android. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi KingRoot terlebih dulu. Setelah itu, buka dan klik Try Root untuk melakukan proses rooting pada HP Android. Pastikan koneksi internet Anda lancar, sebab proses ini membutuhkan koneksi stabil. Selanjutnya, akan muncul notifikasi bahwa smartphone Anda berhasil menjalani proses dimaksud. 

2. Aplikasi FrameRoot

Selain itu, Anda juga bisa menjajal aplikasi FrameRoot. Sama seperti aplikasi lainnya, Anda harus mengunduhnya terlebih dulu. Setelah berhasil, pasang di smartphone, buka aplikasinya, dan pilih salah satu dari menu superuser dan superSU. 

Keduanya bisa dipilih. Lalu pilih opsi Gandalf atau Aragorn yang fungsinya pun sama saja. Setelah itu, secara otomatis perangkat akan melakukan rooting. Tunggu beberapa saat. Untuk tiap tipe Android, waktu pemrosesannya berbeda. Kini, perangkat Anda pun siap. 

3. Aplikasi RootGenius

Opsi lain root Android selanjutnya ialah dengan menggunakan aplikasi RootGenius. Berikut langkahnya. Unduh dan buka aplikasi RootGenius, lalu klik gambar berbentuk lingkaran. 

Setelah itu akan tampil sebuah kotak yang mengatakan untuk memasang aplikasi tersebut. Instal sesuai permintaan. Setelahnya, akan muncul ikon jempol, lalu ubah raja pengguna setelah selesai melakukan root. Proses pun akhirnya selesai.

Related Articles