Comscore Tracker
TECH

Cara Mudah Hubungkan Nintendo Switch ke Laptop Windows

Ini yang perlu disiapkan untuk hubungkan Nintendo Switch.

Cara Mudah Hubungkan Nintendo Switch ke Laptop WindowsIlustrasi Nintendo Switch/Pixabay.com

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Nintendo Switch adalah sebuah console game yang mengusung tema hybrid. Dirancang dapat beradaptasi dengan segala model ruangan dan lingkungan, sehingga sangat cocok untuk semua gamer.

Tidak seperti konsol lainnya seperti Playstation 4 dan Xbox One, Switch ini bisa dikoneksikan ke layar TV dengan dock-nya dan juga bisa dibawa-bawa dengan dukungan touchscreen beresolusi 1280 x 720 piksel Nvidia Tegra. Anda bahkan dapat menggunakan beberapa pengontrol Wii lama di Switch Anda dengan beberapa penyesuaian.

Secara keseluruhan Nintendo Switch cukup memuaskan, tetapi akan lebih menyenangkan jika bisa memainkannya di layar yang lebih lebar. Kita dapat menghubungkan konsole game ini ke layar TV untuk bermain game. 

Selain itu, Anda juga dapat memainkannya di laptop. Untuk menghubungkan Nintendo Switch caranya juga sangat mudah. Simak ulasan di bawah ini.  

Ini yang perlu disiapkan untuk hubungkan Nintendo Switch ke laptop

Sebelum menghubugkan Nintendo Switch Ke laptop, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal di bawah ini. Perangkat tambahan ini diperlukan agar game berjalan dengan lancar.

  • Laptop dengan port HDMI
  • Nintendo Switch
  • Video Capture Card
  • Software perekaman video
  • kabel HDMI
  • Nintendo Dock (opsional)

Ini cara menyambungkan Nintendo ke laptop

ilustrasi Nintendo Campus Challenge

Setelah Anda persiapkan hal-hal di atas, nyalakan Nintendo Switch dan sambungkan dengan kabel HDMI. Setelah itu, dengan Switch terhubung di satu ujung, colokkan ujung lainnya ke Video Capture Card.

Kemudian, hubungkan kartu video capture ke laptop dan buka software video capture. Untuk menambahkan Video Capture Card di OBS, Anda dapat melakukan 3 berikut. 

  1. Jalankan OBS dan pilih tombol + di bawah kotak Sumber.
  2. Pilih Perangkat Pengambilan Video.
  3. Anda sekarang dapat memilih Video Capture Card di kotak dialog yang muncul di bawah Perangkat.

Itulah cara agar Nintendo Switch tampil di layar laptop. Cukup pilih opsi layar penuh pada software video capture dan nikmati permainan Nintendo Switch di laptop dengan layar penuh. 

Switch dapat dicolokkan ke Dock dan dapat langsung bermain dengan Joy-Con controllers yang dapat dilepas.

Selain itu, Anda dapat menggunakan metode yang sama untuk menghubungkan konsol lain yang memiliki port output HDMI. Konsol seperti PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X, S dapat dihubungkan ke layar laptop. Jika memiliki Nintendo Wii, Anda bahkan dapat menghubungkannya dan memainkan game-game lama tersebut.

Related Articles