TECH

Tiga Cara Mudah Cek Tagihan Listrik dari HP 

Masyarakat juga bisa cek tagihan listrik lewat SMS.

Tiga Cara Mudah Cek Tagihan Listrik dari HP ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Tagihan listrik sepertinya sudah menjadi pengeluaran bulanan bagi setiap orang. Oleh karena itu sering kali kita penasaran dengan jumlah tagihan tersebut. 

Kini, pengecekan jumlah tagihan listrik PLN bisa dengan mudah kita lakukan melalui smartphone kita. Fortune Indonesia merangkum 3 cara pengecekan tagihan listrik dari smartphone. Yakni melalui aplikasi PLN Mobile, SMS  hingga e-commerce

Aplikasi PLN Mobile

Kita bisa dengan mudah mengecek tagihan listrik kita dari aplikasi PLN Mobile. Caranya pertama dengan menginstal aplikasi PLN Mobile di Play Store. Buka aplilasi dan pilih menu informasi pada tab menu. 

Setelahnya kita bisa pilih menu informasi Tagihan dan Token Listrik. Terakhir masukan ID pelanggan atau nomor meteran. Dan klik tombol 'Cari'. 

SMS pengecekan tagihan

Tahukah kamu mengecek tagihan listrik juga bisa menggunakan SMS. Kita juga diberikan 2 opsi ingin berlangganan atau tidak. 

Untuk tanpa berlangganan kita bisa kirim SMS dengan format REK (Spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. 

Bilamana kita mau berlangganan SMS tagihan kita tiap bulan, kita bisa kirim SMS dengan format PLN (Spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Jika ingin berhenti kirim SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. 

Pengecekan melalui e-commerce

Kita juga bisa lakukan pengecekan tagihan listrik melalui berbagai e-commerce di antaranya Tokopedia hingga Shopee. 

Melalui Tokopedia kita bisa membuka aplikasi lalu pilih 'Top-up dan tagihan'. Setelah itu kita bisa memilih 'Listrik PLN'. Pilih jenis produk listik di tagihan dan masukan no ID Pelanggan kita dan klik lanjut. Dari situ kita bisa melakukan pembayaran. 

Di sisi lain kita juga bisa cek tagihan listrik via Shopee. Pertama buka aplikasi Shopee, lalu log-in akun. Selanjutnya, pilih opsi Tagihan Listrik. Masukkan 12 nomor ID pelanggan atau nomor meter dan klik Bayar. Saat membayar iuran listrik di Shopee, secara otomatis tertera nominal yang harus dibayarkan, termasuk denda (bila ada). Itulah beberap cara mengecek tagihan listrik.

Related Articles





















Most Popular