Comscore Tracker
TECH

V Live Aplikasi Live Streaming Kpop Tutup, Ini Penggantinya

V Live akan tutup pada 31 Desember 2022

V Live Aplikasi Live Streaming Kpop Tutup, Ini Penggantinyailustrasi V Live (dok.V Live)

by Surti Risanti

Aplikasi live streaming Kpop, V Live akan resmi ditutup pada 31 Desember 2022 mendatang. Pengumuman ini telah disampaikan langsung pada bulan lalu, yakni 31 Oktober 2022.

Aplikasi V Live memang digunakan oleh para penggemar Kpop untuk lebih dekat dengan para bintang idol mereka secara online

Tutupnya aplikasi ini disebabkan Hybe sebagai pemilik aplikasi live streaming Kpop bernama Weverse telah mengakuisisi V Live. Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu V Live?

V Live adalah aplikasi layanan live streaming yang digunakan oleh para idol Korea Selatan untuk menyapa para penggemar mereka. Aplikasi digunakan oleh beberapa idol, mulai dari Black Pink, NCT, BTS, hingga Seventeen. 

Selain itu, para penonton bisa berinteraksi dengan idola dengan mengirimkan komentar atau pertanyaan pada kolom V Live.

Platform ini diluncurkan pada Agustus 2015 oleh Naver Corporation. Aplikasi ini sangat populer dan bisa digunakan oleh pengguna di seluruh negara. V Live sangat membantu para penggemar di luar Korea Selatan untuk terhubung dengan bintang idol mereka.

Selain live streaming Kpop, ada berbagai konten eksklusif lainnya yang tersedia di sini. Platform ini juga digunakan oleh artis Indonesia yakni Afgan dan Raisa untuk menyapa para penggemar mereka.

Bagaimana nasib konten V Live nantinya?

Rencana Hybe untuk mengakuisisi V Live telah disampaikan sejak Maret 2022. Ia berencana untuk mengintegrasi V Live dengan platform milikinya Weverse.

Pihak Weverse sendiri mengatakan, para idol dan perusahaan telah diinformasikan tentang migrasi konten ke Weverse ini sejak November 2021 lalu. 

Para management telah diberikan waktu yang cukup dari waktu penetapan untuk melakukan pencadangan dan pengunduhan konten hingga 28 Desember 2022.

Konten artis non-Weverse nantinya tidak akan bisadi akses secara bebas lagi oleh publik.

Apa pengganti V Live?

Anda tidak perlu khawatir karena tidak bisa menyaksikan idol kesayangan Anda lebih dekat. Ada beberapa aplikasi pilihan lainnya yang bisa membantu Anda untuk menemukan permasalahan tersebut. 

Di bawah ini beberapa aplikasi pengganti V Live, di antaranya sebagai berikut:

1. Weverse

Sebelum V Live ditutup, Weverse memang sudah digunakan oleh beberapa idol untuk melakukan layanan live streaming untuk menyapa para penggemarnya, yakni mulai dari idol Seventeen, Enhypen, hingga Tomorrow x Together.

Aplikasi diluncurkan oleh Hybe Corporation pada 2019 lalu. Melalui layanan ini, para Kpopers dalam skala internasional bisa berkomunikasi satu sama lain sembari menonton para idola kesayangan mereka.

Weverse juga memiliki fitur Weverse Shop yang bisa digunakan bagi penggemar untuk membeli merch para artis, seperti light stick, DVD, hingga album.

2. Twitch

Twitch merupakan aplikasi live streaming Kpop yang digunakan oleh bebera idol group untuk menyapa para penggemarnya. Aplikasi dari perusahaan Amazon ini juga banyak digunakan para pelaku content creator maupun para gaemers lainnya untuk melakukan siaran langsung.

3. Instagram

Aplikasi live streaming Kpop lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Instagram. Biasanya, akun Instagram tersebut dikelola oleh management terkait untuk kebutuhan promosi dan pengenalan video terbaru.

Selain itu, tak jarang para idol menggunakan instagram sebagai aplikasi live streaming untuk menyapa para penonton di seluruh penjuru dunia. Penggunaannya yang mudah serta banyak penggunanya ini yang membuat Instagram menjadi media untuk lebih dekat para bintang idola dengan para fans.

4. TikTok

TikTok adalah aplikasi yang sangat populer di sejumlah negara. Salah satu fitur live streaming pada aplikasi ini juga digunakan oleh para idol untuk selangkah lebih dekat dengan para kpopers.

5. YouTube

YouTube adalah aplikasi live streaming yang populer. Tidak hanya digunakan untuk mengunggah video klip terbaru dari para idol, ada beberapa konten yang dibuat khusus untuk para penggemar, seperti daily vlog, behind the scene, dan lainnya.

Selain itu, fitur live pada YouTube juga sering digunakan para idol untuk melakukan siaran langsung dan menjumpai para kpoper secara online.

Itulah aplikasi pengganti V Live untuk live streaming Kpop. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Articles