Comscore Tracker
TECH

8 Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Andorid dan iPhone

Pulihkan foto yang terhapus dengan mudah.

8 Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Andorid dan iPhoneilustrasi kamera handphone (unsplash.com/ Tadeusz Lakota)

by Surti Risanti

Ada beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus, baik itu di handphone (HP) Android maupun iPhone. Tak dapat dipungkiri bahwa ponsel telah menjadi barang yang penting untuk mengabadikan sejumlah momen dalam bentuk foto.

Akan tetapi, terdapat sebuah kesalahan yang membuat Anda tidak sengaja menghapus sejumlah foto di handphone. 

Padahal, foto tersebut merupakan foto yang sangat berharga bagi Anda. Pasti Anda sangat panik dan sedih kehilangan foto tersebut. 

Namun, Anda tidak perlu cemas karena terdapat cara mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah. Langkah-langkah di bawah ini sangat mudah untuk diikuti dan dilakukan secara mandiri. 

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android

Andoroid

Handphone Android saat ini banyak digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tersedia berbagai merek, yakni mulai dari Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, dan lainnya. 

Bagi yang ingin mengembalikan foto yang terhapus di HP Android, Anda bisa menggunakan Google Photos pada Android.

Google Photos merupakan salah satu aplikasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Android. Aplikasi ini bisa menjadi salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus. 

Cara ini menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk mengembalikan kembali foto di semua perangkat Android. 

Adapun cara kerja dari Google Photos adalah foto yang terhapus akan disimpan pada folder trash selama 60 hari. Tetapi, sebelum itu Anda harus telah mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi layangan Google Photos.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Photos pada perangkat Anda.
  2. Klik ikon garis tiga yang terletak di sudut kiri atas pada aplikasi.
  3. Pilih ikon berbentuk tempat sampah atau opsi Trash.
  4. Beberapa foto yang terhapus akan muncul pada folder tersebut. Pilih foto yang ingin dikembalikan/dipulihkan dengan cara mengetuk dan menahan beberapa lama sampai muncul tanda centang.
  5. Pilih tanda menu Recovery atau ikon tanda panah pada bagian atas.
  6. Tunggu beberapa saat dan foto Anda telah kembali di galeri.

Cara Mengembalikan foto yang terhapus di iPhone

kamera iPhone

Tidak hanya Android, Anda juga bisa mengembalikan foto yang terhapus pada iPhone. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

1. Memeriksa folder Recently Deleted pada iPhone

iPhone memiliki sebuah folder bernama Recently Deleted yang berisi foto-foto yang baru saja terhapus. Foto-foto tersebut dapat bertahan selama 30 hari dan dapat dipulihkan. 

Anda cukup mengetuk foto yang ingin disimpan, kemudian klik Pulihkan atau Recovery. Kemudian, konfirmasi foto tersebut. Secara otomatis, foto akan kembali di galeri.

2. iTunes

Pengguna iPhone tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bawaan bernama iTunes. Ternyata, iTunes bisa Anda gunakan untuk mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus. Berikut beberapa caranya:

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih akun iCloud
  3. Klik Find My iPhone
  4. Koneksikan iPhone ke komputer dan buka aplikasi iTunes
  5. Klik menu Backups dan pilih Restore Backup
  6. Ikuti proses tersebut sampai selesai.

3. iCloud

Cara lain adalah dengan menggunakan aplikasi iCloud. Tapi sebelumnya pastikan Anda telah menyalakan fitur iCloud Photos. Setelahnya, Anda bisa mencari foto yang ingin dipulihkan.

Aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di Android dan iPhone

Google Play Store

Berikut ini beberapa aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan foto pada HP Android dan iPhone:

Aplikasi mengembalikan foto di HP Android

Selain menggunakan item bawaan pada ponsel, Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi tambahan lainnya. Berikut ini beberapa aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di HP Android, antara lain:

1. Dumpster

Aplikasi yang bisa Anda coba bernama Dumpster. Adapun aplikasi ini berperan seperti cloud storage yang akan menyimpan foto Anda secara otomatis. Jadi, apabila Anda ingin mengembalikan foto tersebut, cukup dengan mengecek folder Bin dan pilih Restore atau Pulihkan foto.

2. Deleted Photo Recovery

Aplikasi yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Deleted Photo Recovery. Sebanyak 60 ribu kali aplikasi ini telah didownload di PlayStore.

3. DiskDigger Photo Recovery

Adapun aplikasi ini bisa memulihkan foto yang terhapus pada Android. Selain itu, ada beberapa fitur lainnya yang bisa Anda gunakan.

Aplikasi mengembalikan foto di HP iPhone

Selain Android, iPhone juga memiliki aplikasi yang mampu mengembalikan foto dari galeri yang terhapus, seperti EaseUS MobiSaver.

Anda bisa mengunduh aplikasi EaseUS MobiSaver melalui AppStore. Adapun instruksi penggunaan ini dapat Anda ikuti dengan mudah saat membuka aplikasi ini.

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus pada HP Android dan iPhone. Semoga artikel ini bisa membantu!

Related Articles