Comscore Tracker
TECH

Faucet Crypto: Layanan yang Menyediakan Aset Kripto Gratis

Apakah faucet crypto penipuan? Simak di bawah ini.

Faucet Crypto: Layanan yang Menyediakan Aset Kripto Gratisilustrasi kripto (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

by Surti Risanti

Faucet crypto adalah salah satu cara untuk meningkatkan aset kripto secara gratis. Hal ini terkadang menimbulkan keraguan bagi siapa pun yang menggeluti dunia kripto.

Dari situ, akan timbul pertanyaan mengenai keamanan dari faucet crypto. Selain itu, apa perbedaan dengan yang lainnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian faucet crypto

Faucet crypto adalah sebuah situs web yang memberikan sejumlah aset kripto kepada pengguna sebagai hadiah karena telah menyelesaikan beberapa misi mudah, seperti menonton iklan hingga mengunduh aplikasi.

Sebenarnya, layanan ini digunakan untuk menarik perhatian masyarakat mengenai aset kripto. Hal ini karena pengetahuan dan penggunaan aset kripto belum terlalu familier bagi banyak orang.

Dengan adanya faucet crypto, pengguna bisa memiliki kesempatan untuk mempelajari tentang dunia investasi dan hal-hal berkaitan dengan aset digital.

Cara mendapatkan faucet crypto

Cara kerja dari faucet crypto sebenarnya cukup mudah. Melalui platform ini, pengguna harus menyelesaikan beberapa misi sederhana dan mengikuti beberapa promo atau campaign yang ada.

Rewards yang akan didapatkan bisa Anda gunakan untuk mengklaim hadiah. Anda cukup mendaftar dan membuat akun. Setelahnya, baru Anda bisa menyelesaikan beberapa tugas yang diminta

Jika misi telah berhasil dilaksanakan, aset kripto akan langsung ditransfer ke micro digital wallet pengguna.

Micro digital wallet merupakan dompet digital yang digunakan untuk menyimpan aset kripto digital dalam jumlah yang kecil dan hanya terdapat di beberapa situs tertentu.

Aset kripto yang disimpan tidak bisa ditarik begitu saja. Pengguna harus memenuhi batas tertentu untuk bisa melakukan penarikan. Untuk itu, disarankan kepada Anda untuk mengumpulkan dulu hadiah yang didapatkan, baru bisa dikonversikan ke dalam bentuk uang.

Perbedaan faucet crypto dan airdrop

Salah satu situs yang juga menyediakan aset kripto secara gratis adalah airdrop. Meski keduanya terlihat sama, tapi faucet crypto dan airdrop ternyata memiliki beberapa perbedaan.

Faucet crypto mengharuskan Anda untuk membuka situs tersebut secara berkala. Anda juga harus mengerjakan kode captcha untuk memastikan tidak menggunakan robot.

Tugas-tugas yang diberikan juga sering kali berulang-ulang dan membuat Anda menghabiskan banyak waktu di laman tersebut.

Pemberian hadiah juga dilakukan secara bertahap untuk menarik perhatian pengguna mengunjungi laman faucet crypto sesering mungkin.

Sedangkan, airdrop akan memberikan koin atau token dengan sebanyak mungkin sebagai reward. Penggunaan layanan ini juga sebagai ajang promosi untuk menggaet komunitas.

Jika perhatian dari komunitas tersebut berhasil diperoleh, akan ada kesempatan cryptocurrency untuk bisa berkembang dan diterima oleh masyarakat luas.

Pemberian aset kripto ini juga dilakukan secara berulang. Akan tetapi, ada batasan waktu dalam penggunaannya.

Apakah faucet crypto penipuan?

Saat ini, memang ada banyak yang menggunakan faucet crypto sebagai modus untuk melakukan penipuan. Salah satu bentuk scam yang dilakukan adalah faucet wallet.

Di sana, pihak penipu akan mengajak pengguna untuk membuat wallet dan menyetor koin. Setelahnya, Anda akan diberikan beberapa tugas dan melakukan withdraw.

Bentuk penipuan lainnya adalah dengan mencuri identitas Anda. Hal ini terjadi pada saat proses registrasi. Nantinya, Anda akan diminta beberapa data yang bersifat pribadi, seperti alamat, nomor kartu kredit, dan lainnya.

Meski demikian, masih banyak situs faucet crypto gratis terpercaya yang bisa Anda gunakan.

Jadi, faucet crypto adalah salah satu layanan investasi yang menyediakan aset kripto dalam jumlah kecil secara cuma-cuma. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

Related Articles