Comscore Tracker
TECH

4 Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Menyebakan HP menjadi cepat rusak.

4 Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinyailustrasi mengecas HP (pexels.com/Steve Johnson)

by Surti Risanti

Ada beberapa penyebab baterai HP cepat habis. Mungkin Anda bingung mendapati baterai ponsel Anda berkurang banyak dalam waktu singkat. Padahal, Anda tidak menggunakannya.

Hal ini tentu menjadi sebuah permasalahan dan Anda akan merasa tidak nyaman untuk menggunakannya. Selain itu, hal ini akan berdampak pada performa perangkat dan menyebabkan HP (handphone) lebih cepat rusak.

Berikut ini penyebab baterai cepat habis dan cara mengatasinya.

Aplikasi

aplikasi pada HP

Apabila Anda membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, hal ini tentu menyebabkan baterai menjadi cepat berkurang. Selain itu, terdapat beberapa aplikasi yang tetap berjalan/aktif meski Anda sedang tidak menggunakannya yaitu media sosial.

Cara mengatasi baterai hp yang cepat habis

Ada beberapa cara mengatasi baterai HP agar tidak cepat habis karena aplikasi, di antaranya:

Menutup paksa aplikasi

Anda bisa menutup paksa aplikasi untuk mengurangi penggunaan baterai. Caranya pilih menu pengaturan, klik Apps. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dihentikan, lalu klik Force Stop.

Hapus aplikasi yang tidak perlu

Beberapa aplikasi yang ada pada ponsel, terkadang tidak semuanya Anda gunakan. Hapuslah beberapa aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.

Layar

Mengetik di handphone

Penyebab baterai cepat habis yang pertama adalah permasalahan pada layar. Bagian ini merupakan bagian terpenting dari HP karena menampilkan tampilan visual dan membantu Anda untuk berinteraksi. 

Oleh karena itu, tidak heran bila layar banyak menyedot performa baterai. Anda bisa mengecek penggunaan baterainya sendiri melalui menu Pengaturan. Kemudian, pilih menu titik tiga pada sudut kanan atas. Pilih Battery Usage dan klik Show Full Devise Usage.

Cara mengatasi penggunaan layaryang boros

Adapun cara untuk mengatasinya agar layar tidak mengambil baterai terlalu banyak adalah sebagai berikut:

Meredupkan kecerahan layar

Layar yang terlalu cerah akan membuat baterai HP Anda cepat berkurang. Salah satu caranya adalah dengan meredupkan kecerahan layar atau memanfaatkan mode Auto Brightness (Pencahayaan Otomatis). Layar akan menyesuaikan cahaya dengan lingkungan sekitarnya.

Mengurangi waktu auto-lock

Anda bisa mempersingkat waktu auto-lock agar layar cepat menutup.Hal ini dapat membantu layar untuk tidak terbuka terlalu lama.

Tidak menggunakan wallpaper animasi

Hindari menggunakan wallpaper dengan tampilan animasi atau video yang bergerak. Anda bisa menggunakan wallpaper dengan foto biasa.

Mengaktifkan dark mode

Anda bisa coba untuk mengaktifkan dark mode (mode gelap), sehingga tampilan akan didominasi dengan warna hitam.

Sinyal

mencari jaringan HP

Perlu diketahui, baterai menjadi terkuras apabila Anda berada di wilayah yang susah terjangkau oleh sinyal. Oleh karena itu, perangkat akan terus bekerja mencari dan menangkap sinyal seluler.

Cara menghemat daya

Adapun cara untuk mengatasi hal ini antara lain sebagai berikut:

Menonaktifkan fitur pelacakan lokasi (GPS)

Anda bisa menonaktifkan fitur pelacakan lokasi (GPS) dan beralih ke jaringan 4G untuk mengurangi ponsel bekerja terlalu keras dalam menangkap jaringan.

Mengaktifkan Airplane Mode

Anda bisa mulai untuk mengaktifkan Airplane Mode (mode pesawat) apabila sedang berada di wilayah yang susah terjangkau oleh sinyal.

Usia baterai

baterai HP

Penyebab baterai HP cepat habis adalah kondisi baterai yang sudah terlalu lama. Ternyata, baterai handphone memiliki durasi penggunaan.

Baterai ponsel juga memiliki usia penggunaan (life-cycle). Mulai dari tiga tahun, lima tahun, atau bisa 5 ratus-1 ribu kali pengisian baterai.

Cara mengatasi masalah usia baterai

Adapun cara mengatasi permasalahan tersebut diantaranya:

Mengganti baterai

Apabila HP menggunakan baterai ponsel yang mudah dilepas, Anda bisa mengganti baterai tersebut dengan yang baru. 

Namun, apabila ponsel Anda memiliki tipe baterai yang tidak mudah dilepas, Anda bisa menghubungi sejumlah teknisi yang memiliki pengetahuan akan hal ini.

Itulah tadi beberapa penyebab baterai HP cepat habis dan cara mengatasinya. Bijaklah untuk menggunakan ponsel dan gunakan sepentingnya saja.

Related Topics

Related Articles