TECH

10 Perbedaan Instagram Threads dan Twitter, Pilih yang Mana?

Aplikasi pesaing Twitter!

10 Perbedaan Instagram Threads dan Twitter, Pilih yang Mana?ilustrasi instagram threads (dok. Google Play)

by Surti Risanti

07 July 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat sejumlah perbedaan Instagram Threads dan Twitter, meski keduanya sama-sama media sosial berbasis microblogging. Seperti yang diketahui, Threads adalah aplikasi besutan Meta yang baru diluncurkan pada Kamis (6/7/2023).

Pada awal perilisan, aplikasi karya Mark Zuckerberg ini menghebohkan warganet karena memiliki tampilan yang mirip dengan kompetitornya, Twitter. Selain itu, kehadirannya juga bertepatan dengan kontroversi kebijakan Twitter, yakni mulai dari jenis akun berlangganan, jumlah karakter cuitan, hingga pembatasan jumlah tweet yang dibaca oleh pengguna. Hal ini membuat sebagian besar pengguna Twitter menjadi kecewa.

Meski secara tampilan Threads terlihat mirip dengan Twitter, tetapi terdapat hal yang membedakannya. Lantas, apa saja perbedaan Instagram Threads dan Twitter? Simak selengkapnya.

1. Sinkronisasi Threads dan Instagram

Perbedaan Instagram Threads dan Twitter adalah sinkronikasi Threads dan Instagram. Anda bisa mengikuti following dari akun Instragram yang Anda gunakan untuk Threads. Hal ini tidak bisa Anda temukan di Twitter.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengikut dengan lebih mudah. Selain itu, Anda bisa membagikan konten Threads ke Instagram begitupun sebaliknya.

2. Cara login secara otomatis

Pengguna di Threads harus login menggunakan akun Instagram. Secara tidak langsung, Anda harus memiliki akun Instagram untuk bisa mengakses Threads. 

Username di Threads juga disesuaikan dengan username di Instagram. Jika Anda ingin mengubahnya, harus mengeditnya di akun Instagram.

Sedangkan, untuk login ke Twitter, pengguna harus membuat akun sendiri. Hal ini karena aplikasi Twitter berdiri sendiri atau tidak terhubung dengan aplikasi lain.