Comscore Tracker
TECH

Youtube Premium: Kelebihan, Harga, dan Cara Berlangganan

Menonton dengan nyaman tanpa iklan!

Youtube Premium: Kelebihan, Harga, dan Cara Berlanggananilustrasi aplikasi Youtube (unsplash.com/Souvik Banerjee)

by Surti Risanti

YouTube Premium merupakan versi berbayar yang menyediakan beragam pilihan bagi penggunanya. Saat ini, aplikasi pemutar video dan situs streaming video ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat. 

Seiring perkembangannya, YouTube menyediakan dua versi bagi penggunanya yaitu YouTube reguler dan premium. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa perbedaan YouTube premium dari reguler, harganya, serta cara berlangganannya. 

Kelebihan YouTube Premium

ilustrasi menonton video di Youtube

YouTube Premium memiliki beragam kelebihan dibanding reguler atau tidak berbayar. Salah satu kelebihan dari layanan berbayar ini adalah konten yang disediakan lebih eksklusif. 

Selain itu, Anda bisa menikmati tontonan tanpa gangguan iklan setiap videonya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Bebas dari iklan

Anda pasti sering menemukan iklan saat sedang menonton tayangan YouTube. Ada beberapa iklan yang membutuhkan beberapa detik saja, tapi ada juga iklan yang harus ditonton sampai selesai.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan, terlebih lagi bila iklan yang lewat tidak bisa diskip dan memiliki durasi waktu yang lama.

YouTube Premium menawarkan kepada penggunanya untuk menikmati konten video tanpa iklan. Anda bisa dengan nyaman menonton setiap tayangan tanpa perlu lagi terganggu dengan video iklan yang lewat.

2. Video YouTube terus berputar

Anda pasti pernah saat membuka aplikasi lain, tayangan pada YouTube menjadi terhenti. Hal ini tentu sangat membuat Anda harus memaksa untuk membuka satu aplikasi YouTube saja.

Melalui YouTube Music Premium, tayangan akan terus berputar meski Anda mengalihkan atau membuka aplikasi lain secara bersamaan.

Hal ini tentu membuat Anda bisa melakukan hal-hal yang lain sembari menikmati musik yang diputar.

3. Konten eksklusif

YouTube Premium menyediakan beberapa konten eksklusif yang tidak bisa diakses oleh pengguna YouTube reguler, baik konten tersebut dari tanah air, maupun luar negeri.

4. Bisa memutar video meski offline

Apabila Anda tidak tersambung ke jaringan, Anda tetap bisa menikmati konten secara offline atau tanpa buffering. Hal ini tentu dapat membantu Anda apabila jaringan sedang tidak bagus.

5. Otomatis Berlangganan Youtube Music

Selain berlangganan YouTube dan menonton video dari sana, Anda otomatif terdaftar sebagai pelanggan Youtube Music Premium. Jika Anda hanya ingin mendengar musik saja, tentu opsi ini menarik dan menguntungkan.

Harga YouTube Premium

Youtube

YouTube Premium menyediakan versi trial selama satu bulan kepada penggunanya. Apabila tertarik untuk membelinya, berikut harga paket YouTube Premium disesuaikan bisa dengan kebutuhan Anda, antara lain:

  • Reguler: Rp59 ribu/bulan
  • Family: Rp89 ribu/bulan (bisa digunakan hingga 5 orang)
  • Student: Rp34.990/bulan.

Cara berlangganan YouTube Premium

Youtube

YouTube Premium ini dapat Anda manfaatkan untuk aplikasi YouTube, YouTube Music dan YouTube Kids. 

Terdapat dua cara untuk membeli atau berlanggan paket YouTube Premium, yakni pembelian melalui komputer/laptop dan handphone. Berikut cara berlangganan YouTube Premium:

Melalui komputer/laptop

Apabila tertarik untuk membeli paket YouTube Premium, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs YouTube.com/Premium
  2. Masuk dengan akun Google yang biasanya digunakan
  3. Pilik menu Try It Free untuk mencoba trial selama 1 bulan terlebih dahulu
  4. Apabila ingin melakukan pembelian, pilih metode pembayaran yang tertera pada laman tersebut, bisa menggunakan kartu kredit atau Gopay.
  5. Klik tombol Buy atau Beli, akun YouTube Premium Anda sudah bisa digunakan.

Melalui handphone

Apabila Anda tidak memiliki perangkat komputer/laptop, Anda bisa melakukan pembelian handphone. Caranya kurang lebih sama dengan sebelumnya, antara lain sebagai berikut:

  1. Masuk aplikasi YouTube yang ada di handphone
  2. Klik foto profil yang berada di pojok kanan atas pada halaman utama
  3. Pilih menu Get YouTube Premium atau Dapatkan YouTube Premium
  4. Apabila sudah, Anda akan mendapatkan uji coba gratis selama 1 bulan dan diarahkan pada metode pembayaran
  5. Pilih menu Buy atau Beli, akun YouTube Premium Anda telah berhasil dibeli.

Itulah tadi penjelasan mengenai YouTube Premium serta cara membeli paketnya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Related Articles