Comscore Tracker
TECH

Intip Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan TWS

Apa perbedaan headphone, headset, earphone, dan TWS?

Intip Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan TWSilustrasi TWS termahal di dunia (unsplash.com/Phúc Khang Mobile)

by Tanayastri Dini Isna KH

11 May 2023

Jakarta, FORTUNE - Apa saja perbedaan headphone, headset, earphone, dan TWS? Mengapa penamaannya sangat banyak walaupun sama-sama tergolong sebagai perangkat audio? 

Dengan seiring berjalannya waktu, semakin banyak tipe perangkat audio. Dari headset, earphone, earset, headphone, TWS, hingga bluetooth audio. Meski sama-sama digunakan untuk mendengarkan suara, setiap alat itu memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing. Tak hanya dari segi tampilan, cara pemakaiannya pun bervariasi. Dus, nama dari alat-alat tersebut pun akhirnya berbeda-beda.

Misalnya, headphone merupakan perangkat audio yang dipasang di bagian kepala. Tak seperti earphone yang Anda gunakan secara langsung di lubang telinga. Belum lagi dengan fungsi mikrofonnya.

Lantas, bagaimana perincian dari perbedaan headphone, headset, earphone, dan TWS? Simak ulasan informasi ringkas yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.

Perbedaan headphone, headset, earphone, dan TWS dari segi karakteristik

Wanita mendengarkan musik melalui headphone di JalanShutterstock/Djile
  • Headphone

Sesuai namanya, Anda memasang headphone di bagian kepala. Ada tipe headphone dengan kabel dan ada pula yang hadir dengan sambungan bluetooth.

Perangkat audio ini memiliki dua pengeras suara yang ditanam di kedua sisi, dan biasanya tak memiliki fitur mikrofon. Dus, Anda hanya bisa memakainya sebagai perangkat untuk mendengar audio. Di bagian telinga, terdapat bantalan untuk mendukung kenyamanan pengguna serta menghasilkan suara yang lebih jelas.

  • Headset

Kedua, headset atau perangkat jemala dalam bahasa Indonesia. Bentuknya mirip dengan headphone. Akan tetapi, perangkat ini hadir dengan fitur mikrofon. Cocok dipakai oleh orang yang hobi bermain gim komputer, rapat virtual, dan panggilan video.

  • Earphone

Earphone hadir dengan bentuk yang lebih kecil karena hanya dipakai untuk menutup lubang telinga. Alat ini tak hanya berfungsi untuk mendengar audio, tapi juga disertai fungsi mikrofon. Jika tak ingin ribet, maka sebaiknya pilih earphone nirkabel (bluetooth) daripada yang berkabel.

  • True Wireless Stereo (TWS)

Apa itu TWS? Perangkat elektronik audio tanpa kabel, berkat koneksi bluetooth. Ini yang kerap kali digunakan oleh pengguna iPhone. Tapi, kini pengguna Android pun mulai menggunakannya. Kekurangan dari perangkat seperti TWS adalah: pemakaian dalam waktu terbatas karena baterainya perlu diisi ulang dalam periode tertentu.

Related Topics