BUSINESS

5 Strategi Bisnis Kopi Untuk Antisipasi Musim Liburan

Liburan bisa membuat rugi dan untung bagi bisnis kopi.

5 Strategi Bisnis Kopi Untuk Antisipasi Musim Liburanilustrasi kedai kopi (pexels.com/Afta Putta Gunawan)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

06 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Masa Liburan adalah momentum membuka peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi Bisnis Kopi. Pada satu sisi, menurunnya aktivitas harian masyarakat bisa mengakibatkan penurunan penjualan. Di sisi lain, momentum liburan bisa mendongkrak penjualan.

Pebisnis kopi bila tidak mengantisipasi libur nasional, bisa saja mengalami penurunan omset, kenaikan biaya produksi bahkan tantangan internal. Meski pada saat libur nasional finansial masyarakat sedang dalam kondisi baik, namun daya beli terpusat untuk kebutuhan liburan keluarga.

Oleh sebab itu, liburan perlu disikapi secara strategis oleh para pemiiki bisnis kopi. Memanfaatkan momen liburan menjadi sebuah potensi yang mendukung bisnis kopi terus beroperasi, dibutuhkan rencana yang tepat dengan pertimbangan yang logis.

Menukil dari laman Otten Coffee, berikut beberapa strategi bisnis yang bisa dilakukan oleh bisnis kopi selama musim liburan, untuk mendulang keuntungan.

Ciptakan menu kopi edisi liburan

bisnis kopiilustrasi bisnis kopi (unsplash.com/Tina Guina)

Masa liburan bisa dimanfaatkan oleh bisnis kopi untuk berkreasi dengan produk kopi edisi liburan limited edition

Cara ini bisa diterapkan, dengan melakukan konsep cita rasa musim liburan tersebut, kemasan unik yang didesain secara khusus, dan tentunya promosi dengan cerita paling menyentuh momen liburan.

Beberapa merek ternama di bisnis kopi sudah mulai sebulan sebelum memasuki libur panjang, kedai kopi sudah mulai mengeksplorasi resep kopi spesial secara khusus, hingga roastery pun sudah mulai meneliti racikan kopi house blend untuk mendukung aktivitas minum kopi di libur panjang.

Buat paket kopi khusus liburan

kopi termahal di duniailustrasi kopi termahal di dunia (unsplash.com/Nathan Dumlao)