BUSINESS

7 Cara ‘Cantik’ Memulai Bisnis Kosmetik

Bisnis kosmetik punya potensi yang baik.

7 Cara ‘Cantik’ Memulai Bisnis KosmetikIlustrasi kosmetik. Shutterstock/5 second Studio

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

10 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kosmetik adalah salah satu jenis bisnis yang bisa jadi pilihan menarik sebagai opsi memulai usaha. Permintaan untuk semua jenis produk kosmetik terus meningkat dari waktu ke waktu dan berbagai jenis dan permintaannya untuk kosmetik premium berkembang di mana-mana termasuk kelas menengah dari negara-negara berkembang.

Menurut marketresearch.com, pasar kosmetik dunia diperkirakan telah menghasilkan pendapatan mendekati US$62 miliar pada 2016. Dengan hasil ini, pasar kosmetik global diperkirakan meraih US$429,8 miliar pada 2022.

Bisnis ini cukup potensial dan relatif mudah untuk dimulai. Namun, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat memulainya. Berikut cara memulai dan mengembangkan bisnis kosmetik seperti dikutip dari accurate.id.

1. Mengenal standar BPOM

Hal ini adalah langkah fundamental yang harus Anda pahami sebelum memulai bisnis kosmetik. Karena kosmetik berkenaan dengan fisik seseorang, maka peraturan yang berlaku di Indonesia harus dipahami, demi legalitas bisnis ini. Dengan begitu, Anda bisa menjalani bisnis tanpa harus khawatir terjebak masalah hukum.

BPOM merupakan badan pengawas obat dan makanan yang mengelola setiap legislasi, standarisasi, dan regulasi produk-produk makanan dan obat-obatan. Peranan lembaga ini berlaku untuk produk obat tradisional, suplemen makanan, dan kosmetik.

2. Memilih segmen pasar

Seperti langkah untuk memulai bisnis pada umumnya, segmen pasar harus benar-benar ditentukan sejak awal agar bisnis Anda terkonsentrasi dan terencana dengan baik. Persempit bidang spesialisasi atau minat kosmetik, dan jangan coba menjual atau memproduksi terlalu banyak barang pada saat yang sama di awal bisnis Anda.

Pilih bidang spesialisasi Anda yang menampung pengalaman produksi atau penjualan produk kosmetik Anda. Misalnya, Anda tahu sesuatu tentang penjualan riasan organik, riasan efek khusus atau kosmetik mineral dan produk perawatan bibir.