BUSINESS

Bos Toyota Ramal Kendaraan Listrik Hanya Diadopsi 30% Pasar Global

Banyak wilayah di dunia yang belum terjangkau listrik.

Bos Toyota Ramal Kendaraan Listrik Hanya Diadopsi 30% Pasar GlobalDok. Shutterstock/Josefkubes

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

25 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Chairman dari Toyota Motor, Akio Toyoda, semakin menunjukkan sikap skeptisnya perihal adopsi Kendaraan Listrik. Menurutnya, adospi kendaraan elektrifikasi ini  kemungkinan hanya akan mencapai angka atertinggi 30 persen dari total pasar kendaraan Pasar Global.

Toyoda juga meragukan potensi pertumbuhan bisnis kendaraan listrik, seiring perlambatan penjualan kendaraan listrik global di tengah ketidakpastian makroekonomi, sejak Oktober tahun lalu.

Ia bahkan berani memperkirakan bahwa dalam puncak pemasarannya, hanya ada tiga dari sepuluh mobil di jalan, yang bertenaga baterai. “Akhirnya masyarakat melihat kenyataannya,” ujarnya seperti dikutip dari Fortune.com, Kamis (25/1).

Toyoda–yang merupakan generasi ketiga di Toyota–memang dikenal sebagai sosok pebisnis yang tidak begitu meyakini transisi menuju kendaraan bertenaga baterai. Bahkan, dirinya mengundurkan diri sebagai CEO sejak setahun lalu dan menyerahkan kepemimpinan perusahaan pada Presiden Lexus, Koji Sato, yang dirasa lebih siap pada penggunaan teknologi baterai.

Pilihan beragam

Ilustrasi mobil listrik.Ilustrasi mobil listrik. (ShutterStock/Paul Craft)

Menurut Toyoda, masalah utama ada pada karbondioksida (CO2), sehingga solusi yang harus diterapkan haruslah beragam dan tidak bergantung pada satu jenis kendaraan saja. “Pelanggan, bukan peraturan atau politik, harus membuat keputusan tentang jalur mana yang harus diambil,” katanya.

Sekitar satu miliar orang, kata Toyoda, diperkirakan masih tinggal di daerah tanpa listrik. Hal ini jadi sebuah penghambat daya tarik kendaraan listrik bertenaga baterai.

Oleh sebab itu, kendaraan listrik semaksimalnya hanya akan menguasai 30 persen pasar, dan sisanya akan diskuasai oleh kendaraan hibrida atau kendaraan yang menggunakan teknologi hidrogen.

Lebih fokus hibrida

Mobil Toyotailustrasi toyota (unsplash.com/ Christina Telep)