BUSINESS

Cara Menentukan Lokasi yang Strategis Untuk Membuka Bisnis

Konsep ramai saja tidak cukup untuk tentukan lokasi bisnis.

Cara Menentukan Lokasi yang Strategis Untuk Membuka Bisnisilustrasi bisnis franchise makanan (unsplash.com/Joana Godinho)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

20 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Lokasi bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Oleh sebab itu, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih lokasi usaha dan membuka bisnis. 

Menentukan lokasi yang paling strategis, Anda tak hanya bisa berpatokan pada intuisi,tapi juga perhitungan berdasarkan riset, pertimbangan cermat dan referensi dari berbagai sumber. Ramai saja tidak cukup untuk membuat sebuah lokasi layak dijadikan tempa bisnis untuk dirintis.

Mengutip rumah123.com, berikut sejumlah cara untuk menentukan lokasi strategis bagi bisnis yang dijalankan.

Tentukan lokasi sesuai target pasar

Menentukan tempat jualan yang strategis perlu diiringi pengetahuan tentang demografi konsumen yang menjadi target pasar. Pada dasarnya, terdapat tiga faktor penting dalam menentukan demografi konsumen, yaitu gender, usia, dan penghasilan.

Semakin mengetahui target bisnis yang dituju, maka semakin baik pula Anda menentukan lokasi yang strategis untuk usaha. Hal ini juga akan memengaruhi strategi pemasaran yang hendak dijalankan.

Lokasi yang ramai

Hal ini bisa dijadikan salah satu cara termudah untuk menentukan lokasi bisnis, karena semakin ramai sebuah wilayah, maka semakin besar pula peluang tempat tersebut akan mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda, karena konsumen potensial yang mungkin akan mendatangi Anda.

 Anda bisa melihat dari pengamatan banyaknya kendaraan yang lewat, termasuk arus orang yang berlalu-lalang. Selain itu, perhatikan juga kebiasaan masyarakat yang meramaikan, untuk memastikan bahwa ada aktivitas jual beli yang mereka lakukan, bukannya sekadar ramai saja.

Related Topics