BUSINESS

Strategi Memasarkan Karya Musik Agar Bisa Dikenal Publik

Pastikan Anda sudah memiliki karya lagu yang berkualitas.

Strategi Memasarkan Karya Musik Agar Bisa Dikenal PublikIlustrasi Studio rekaman. (Shutterstock/Gorodenkoff)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

31 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEMusik adalah bagian dari ekonomi kreatif yang menghadirkan peluang karir, tak terkecuali bagi musisi independen. Namun, pada tahapan Strategi pemasaran atau promosi musik kepada Publik merupakan salah satu tantangan yang biasa dialami para pemusik.

Banyak musik yang dibuat dengan kualitas baik secara independen, namun tidak banyak dikenal oleh publik. Padahal, dengan perkembangan teknologi saat ini, promosi musik bisa semakin dipermudah.

Hal ini memberikan peluang bagi musisi independen untuk memulai karir mereka tanpa dukungan label besar atau anggaran yang besar. Namun, dengan semakin banyaknya artis yang tidak memiliki kontrak yang mencoba untuk menonjol di industri musik, banyak talenta baru menghadapi tantangan dari mana dan bagaimana mempromosikan musik mereka secara efektif.

Oleh karena itu, situs Ampedstudio.com, menyebutkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan karya lagu Anda, sebelum akhirnya bisa dijual ke publik dan diterima baik oleh masyarakat. 

Buat situs web resmi

Sebelum mempromosikan karya lagu, pastikan penggemar atau target audience Anda bisa dengan mudah menemukannya secara online.

Oleh sebab itu, sebagai langkah awal Anda dapat membuat situs musik yang menampilkan semua informasi tentang karya musik Anda, mulai dari profil, tautan dengan media sosial, sampai cara untuk mengontak manajemen Anda.

Selain itu, keberadaan situs web menunjukkan profesionalitas Anda sebagai seorang musisi bisa berdampak pada kepercayaan para konsumen yang mungkin belum menjadi penggemar Anda. Manfaatkan teknologi untuk membuat situs web secara instan, mudah, dan tentunya murah.

Buat email resmi

Langkah berikutnya adalah membuat email resmi, untuk jadi sarana promosi dan komunikasi selanjutnya.

Dengan pemasaran email, Anda memiliki akses langsung ke kotak masuk orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan musik Anda.

Jika penggemar memberikan alamat emailnya kepada Anda, hal ini menunjukkan mereka memiliki  ketertarikan dengan musik Anda, rilis lagu terbaru atau tur mendatang Anda lebih mungkin diterima oleh mereka dibandingkan postingan media sosial, yang mungkin memiliki keterbatasan jangkauan karena algoritma platform.