BUSINESS

Volta Gandeng Microsoft Terapkan Teknologi AI Untuk Layani Pengguna

Teknologi AI membantu layanan pengguna dan tim internal.

Volta Gandeng Microsoft Terapkan Teknologi AI Untuk Layani PenggunaIlustrasi langkah kolaboratif untuk mewujudkan target emisi net-zero Indonesia di 2060. (dok. Microsoft)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Produsen motor listrik asal Semarang, Volta, menggandeng Microsoft menerapkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Fitur ini diberikan guna meningkatkan layanan bagi para pengguna motor listrik.

CEO Volta Indonesia, Iwan Suryaputra, mengatakan Volta bakal meningkatkan pengalaman berkendara menggunakan motor listrik secara mudah dan menyenangkan. “Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah penggunaan motor tertinggi di Asia Tenggara. Statistik menunjukkan, sekitar 85 persen rumah tangga di Indonesia setidaknya memiliki satu sepeda motor,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Fortune Indonesia, Kamis (15/6).

Melalui teknologi AI ini, Volta menghadirkan VoltaChat, sebuah chatbot yang dapat membantu calon pengguna untuk mempelajari berbagai macam produk Volta secara interaktif. Pengguna juga dapat menemukan rekomendasi produk Volta yang paling cocok bagi mereka dengan membandingkan spesifikasi dan harga, mencari stasiun penukaran baterai dan pengisian daya yang paling dekat dengan posisi pengendara, serta masih banyak lagi layanan lainnya.

Dengan dukungan  Azure OpenAI Service, layanan chatbot memungkinkan pengguna Volta untuk menggunakan bahasa sehari-hari dalam bertanya ataupun meminta rekomendasi. Hal tersebut dapat menghemat waktu dan meningkatkan kemudahan pengguna saat berkenalan dengan Volta dan memperdalam pengetahuan.

Produktivitas tim internal

Ilustrasi artificial intelligence. (ShutterStock/Jirsak)Ilustrasi artificial intelligence. (ShutterStock/Jirsak)

Managing Director PT M Cash Integrasi Tbk–perusahaan yang menaungi Volta Indonesia–Suryandy Jahja, menambahkan penggunaan Azure juga membantu meningkatkan produktivitas tim internal Volta.

“Kami jadi dapat mengenali audience external kami dengan lebih baik. Misalnya, hal-hal apa saja yang ternyata paling ingin mereka ketahui tentang Volta, lokasi pengisian daya mana yang paling banyak dicari, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, kami berharap dapat terus mengembangkan bisnis kami dengan lebih baik lagi, dan mendukung pengendara agar bisa berkendara lebih jauh dan cepat bersama Volta,” kata Iwan.

Ke depan, perusahaan juga berencana mengintegrasikan kemampuan Azure OpenAI Service ke dalam sistem Internet of Things (IoT). Berbagai elemen kendaraan seperti status kilometer dan sisa baterai akan dapat dianalisis secara lebih cepat, untuk memberikan insights yang lebih tepat dan akurat kepada pengendara.

"Diharapkan ini akan memberikan pengalaman berkendara motor listrik yang semakin mudah dan menyenangkan," ujarnya.

Komitmen Microsoft

Fiki Setiyono, Azure GTM Lead Microsoft Indonesia, dalam Fortune Indonesia Summit 2023 pada sesi bertajuk AI for Good: How AI is Helping Humanity and Business di Jakarta, Kamis (16/3).Fiki Setiyono, Azure GTM Lead Microsoft Indonesia, dalam Fortune Indonesia Summit 2023 pada sesi bertajuk AI for Good: How AI is Helping Humanity and Business di Jakarta, Kamis (16/3).