BUSINESS

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram untuk Bisnis

Engagement rate Instagram berdampak pada bisnis.

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram untuk BisnisIlustrasi platform Instagram (Unsplash/@solenfeyissa)
16 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Memahami dan menghitung Engagement Rate Instagram untuk Bisnis secara efektif adalah langkah penting untuk mengukur kinerja konten dan meningkatkan kehadiran merek Anda di platform ini. Dalam dunia pemasaran digital, engagement rate (tingkat interaksi) di Instagram merupakan indikator kunci keberhasilan kampanye dan strategi bisnis online.

Engagement rate adalah ukuran seberapa aktif pengguna terlibat dengan konten Anda, seperti menyukai, mengomentari, atau berbagi postingan, sekalius menjadi indikator dalam melihat brand awarenessEngagement rate penting untuk menilai user experience dan memantau efektivitas konten yang dikerjakan.

Engagement rate Instagram memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa efektif strategi konten dan pemasaran Anda di platform ini. Dengan memahami tingkat interaksi pengguna, ada empat hal yang bisa dilakukan untuk mendongkrak brand awareness, yakni:

  1. Menguji keefektifan konten: Mengukur respons pengguna terhadap berbagai jenis postingan.
  2. Meningkatkan keterlibatan: Mengetahui konten mana yang paling menarik minat pengguna.
  3. Memperbaiki strategi: Mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan untuk mendapatkan lebih banyak interaksi.
  4. Membangun kepercayaan: Menunjukkan kepada pengikut bahwa merek Anda aktif dan relevan.

Lalu, bagaimana cara mengetahui engagement rate pada konten atau akun Anda? Merangkum IDN Times, berikut ini cara menghitung engagement rate Instagram.
 

1. Engagement Rate based on Reach (ERR)

Engagement Rate based on Reach (ERR) adalah salah satu cara yang akurat untuk melihat engagement rate media sosial Anda. Cara yang pertama ini melihat performa reach atau jangkauan konten media sosial Anda secara umum. Sebab, bisa saja sebuah konten juga dilihat oleh akun-akun yang tidak mengikuti atau follow akunmu.

Cara menghitung ERR adalah:

ER = Total engagements per post reach per post x 100

2. Engagement Rate based on Post (ERP)

Bagi Anda yang ingin melihat performa pada setiap unggahan atau postingan, Anda bisa menggunakan cara menghitung Engagement Rate Instagram based on Post (ERP). Metode ini cocok untuk akun media sosial dengan angka reach yang lebih fluktuatif.

Hasilnya akan lebih stabil karena jumlah engagement pada satu unggahan dibagi dengan jumlah followers. Berikut rumusnya:

ER = Total engagements on a post / total followers x 100


 

Related Topics