Comscore Tracker
BUSINESS

Strategi PT Sarinah Angkat Jenama Lokal Indonesia di Malaysia

Sarinah Corner di Malaysia akan dibuka tahun ini.

Strategi PT Sarinah Angkat Jenama Lokal Indonesia di MalaysiaSalah satu sudut Sarinah dalam wajah baru yang menjual berbagai produk lokal Indonesia. (dok. Sarinah)

by Desy Yuliastuti

17 April 2023

Jakarta, FORTUNE - PT Sarinah kini sedang mempersiapkan Sarinah Corner di Malaysia. Rencananya perusahaan BUMN yang bergerak di bidang ritel itu akan membuka gerai pada tahun ini.

Melansir Antara pada Selasa (18/4), Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati mengatakan pembukaan gerai di Malaysia menjadi strategi agar jemana Indonesia dapat go international.

"Sarinah Corner yang pertama akan dibuka di Malaysia, kemudian nanti ada beberapa negara Asia lainnya seperti Hong Kong, bahkan harapannya bisa sampai ke Belanda dan Jerman," ujar Fetty.

Dia menambahkan, saat ini persiapan Sarinah Corner di Malaysia masih berjalan. Ke depannya, Sarinah Corner akan diperluas hingga ke negara-negara Asia. Selanjutnya, akan disiapkan di negara-negara Eropa dan negara-negara lainnya di dunia.

Kolaborasi dengan Dufry International AG

Pembukaan Sarinah Corner menjadi bagian dari kerja sama antara Sarinah dengan Dufry International AG, perusahaan global travel retail. Kolaborasi ini memungkinkan Sarinah dan Dufry membuat gerai bebas bea (duty free) di Indonesia, baik di kota maupun bandara.

Tak hanya itu, Sarinah pun dapat membuka Sarinah Corner di toko-toko Dufry lainnya di seluruh dunia. Fetty berharap kerja sama ini membuka pintu bagi banyak jenama lokal untuk bisa go international.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, kehadiran gerai bebas bea Sarinah Duty Free, memiliki misi untuk dapat menembus ke pasar global. Menurutnya, kerja sama ini pun menjadi buah dari penjajakan kerja sama yang dimulai sekitar dua atau tiga tahun lalu.

Berbagai produk-produk buatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri akan mejeng di gerai Sarinah Duty Free sehingga lebih dikenal luas. Berbagai produk Indonesia berkualitas tinggi dari UMKM yang disejajarkan dengan jenama-jenama internasional. 

Erick mengatakan, ke depannya akan mendorong agar Sarinah dapat memperluas jangkauan jenama lokal melalui Sarinah Duty Free di dalam negeri hingga ke mancanegara, termasuk 75 negara yang menjadi wilayah operasional Dufry International AG.

Related Topics