BUSINESS

Strategi Sentul City Jadi Salah Satu Kota Mandiri Terbesar

Menggagas kota mandiri yang prestisius dan terintegrasi.

Strategi Sentul City Jadi Salah Satu Kota Mandiri TerbesarSentul City, Salah Satu Kota Mandiri Terbesar/Dok. Sentul City

by Desy Yuliastuti

20 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Di zaman yang semakin maju dengan kebutuhan yang kompleks, hidup di kota besar seperti menjadi sebuah keharusan bagi sebagian besar  masyarakat. Lengkapnya fasilitas penunjang kehidupan, baik untuk bekerja maupun tempat  tinggal, sering kali menjadi alasan utama orang memilih tinggal di kota besar.  

Sayangnya lahan pemukiman di kota sangatlah terbatas. Masyarakat pun mulai melirik  kawasan di pinggiran sebagai tempat tinggal, tetapi tetap dengan fasilitas yang setara dengan  sebuah kota. Kemudian bermunculan kawasan permukiman dengan ragam fasilitas, yang  kemudian dikenal dengan sebutan kota mandiri.  

Untuk dapat disebut sebagai sebuah kota mandiri, kawasan pemukiman setidaknya harus  memiliki area pemukiman yang luas, di mana di dalamnya terdapat beragam fasilitas lengkap,  terutama sarana pendidikan, fasilitas bisnis dan perdagangan, fasilitas kesehatan, juga  fasilitas pelengkap seperti pusat perbelanjaan dan rekreasi. Bukan hanya itu, sebuah kawasan  dapat disebut sebagai kota mandiri jika kawasan tersebut juga menjadi tempat warganya  untuk bekerja dan mencari nafkah. Jadi, kota mandiri bukan semata kawasan pemukiman,  melainkan kawasan dimana warganya menetap dan menjalani kehidupan di daerah tersebut.  

Melihat realitas ini, kawasan Sentul City dengan luas lahan 3.100 hektar yang dikembangkan  oleh PT Sentul City Tbk sebagai Master Developer menjadi penggagas kota mandiri yang  prestisius, terintegrasi, dan terbesar di Kabupaten Bogor serta merupakan salah satu kota  mandiri terbesar dan terlengkap di Indonesia. 

“Sebagai kawasan Kota Mandiri, Sentul City mendapat perhatian yang baik dari berbagai  kalangan baik dari warga, konsumen, entitas bisnis, hingga property developer terkemuka  lainnya. Hal tersebut dapat terlihat dari semakin lengkapnya fasilitas yang ada di Sentul City  berkat kerjasama dari berbagai pihak,” ucap, Direktur Marketing PT Sentul  City Tbk., Timotius Thendean.

Perencanaan kota yang matang dan fasilitas lengkap

Timotius mengatakan, perencanaan kota yang matang dan komitmen yang kokoh menjadikan  Sentul City bukan hanya kota  impian, tetapi sebuah kenyataan yang memperkaya pembangunan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.  

Menurutnya, fasilitas lengkap dan terkini juga jadi bagian penting dari sebuah kota mandiri., termasuk kehadiran institusi-institusi pendidikan yang mendukung perkembangan pengetahuan dan kualitas  hidup masyarakat secara holistik. 

“Untuk sarana pendidikan, kita dapat menemukan sekolah-sekolah ternama hadir di sana.  Mulai dari taman bermain hingga perguruan tinggi,” katanya.

Di sekitar Sentul City terdapat berbagai fasilitas pendidikan, di antaranya Sampoerna Academy, Sekolah Pelita Harapan, Universitas Trisakti, dan Institut Agama Islam (IAI) Tazkia. Ada pula institusi pendidikan lainnya, seperti Sekolah Nasional Plus BPK Penabur dan BCA Learning Center.

Fasilitas kesehatan juga hadir di Sentul City, seperti RS EMC Sentul , klinik kecantikan dan spesialis lainnya. Sentul City juga dekat dengan pusat perbelanjaan, yakni Aeon Mall Sentul City dan IKEA Sentul.

Tidak hanya itu, fasilitas penunjang seperti sarana olahraga, sarana rekreasi sampai restoran  dan kafe dapat ditemukan di Taman Budaya Sentul City. Ada JungleLand Adventure Theme Park, perkemahan Gunung Pancar, Sentul Highland Golf Club dengan 18-holes Championship Golf Course hingga resto dan café. Ada pula jaringan hotel untuk menunjang liburan, seperti The Alana Hotel Conference Center, Aston Sentul Lake Resort, Hotel Neo + Green  Savana, dan Harris Hotel. 

Jika dibandingkan kawasan pemukiman lainnya di seputar Jakarta, Kota Mandiri Sentul City  terbilang istimewa sebab berada di kawasan perbukitan yang asri dan dikelilingi empat gunung  yang menakjubkan. Saat berada di Sentul City, rimbunnya pepohonan menjadi pemandangan  utama. Taman-taman yang tertata menjadi suguhan yang memanjakan mata. Dan tentu saja  hal tersebut memberi nilai lebih pada kualitas lingkungan yang lebih sejuk dan kualitas udara  yang lebih baik.  

“Selama 30 tahun berkarya untuk Indonesia, PT Sentul City Tbk terus maju berkembang,  melayani, dan mengabdi sebagai Master Developer di kawasan Kota Mandiri Sentul City.  Dedikasi tanpa henti ini telah membentuk Sentul City menjadi kota mandiri yang tak hanya  menghadapi, tetapi juga merangkul perkembangan zaman dengan penuh keyakinan,” ujar Timotius.

Related Topics