BUSINESS

Unilever Indonesia Raih 2 Penghargaan ACES 2023

Keberlanjutan pada aspek ESG dan operasional bisnis.

Unilever Indonesia Raih 2 Penghargaan ACES 2023Unilever Indonesia

by Desy Yuliastuti

30 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  PT Unilever Indonesia Tbk. meraih dua penghargaan bergengsi pada The Asia Corporate Excellence and Sustainability Awards (ACES) ke-10 telah berhasil dilangsungkan di Malaysia yang digelar 24 November 2023.

Dari 580 calon nominasi, ACES Awards dengan bangga mengumumkan 82 pemenang dari 21 kategori yang mewakili Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Laos, Mongolia, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

ACES adalah penghargaan bergengsi di kawasan Asia yang diperuntukkan bagi pemimpin dan perusahaan yang telah memberikan dampak positif pada perkembangan industri.

Prestasi ini diberikan kepada perusahaan yang tidak hanya berhasil secara bisnis tetapi juga memperhatikan nilai-nilai keberlanjutan dalam aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG) di seluruh operasionalnya. Salah satu perusahaan Indonesia yang meraih penghargaan di ACES 2023 adalah PT Unilever Indonesia Tbk.

ACES 2023 menganugerahkan perusahaan dengan kode saham UNVR ini dengan dua penghargaan pada dua kategori berbeda, yakni "Asia's Most Inspiring Executives" yang diterima oleh Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira Noviarti, serta "Industry Champions of the Year."

Melanggengkan komitmen keberlanjutan

Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira Noviarti.Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira Noviarti. (Dok. Unilever)

Dua penghargaan ACES 2023 yang diraih UNVR bertepatan dengan jelang hari jadi ke-90 Unilever Indonesia. Sejak tahun 1933, Unilever Indonesia terus tumbuh, berkembang, dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat. Tak hanya itu, perusahaan juga  menciptakan masa depan yang berkelanjutan melalui beragam inisiatif perusahaan dan portofolio mereknya, dari tahap awal hingga tahap akhir produksi.

Unilever secara global juga memiliki sejumlah rencana dan target soal pelaksanaan ESG. Langkah tersebut sejalan dengan visi Unilever Indonesia untuk menjadikan gaya hidup berkelanjutan sebagai hal yang umum (to make sustainable living commonplace).

Visi ini tercermin dalam strategi global yang dikenal sebagai ‘The Unilever Compass’ yang fokus pada tiga pilar komitmen keberlanjutan: menciptakan planet yang lebih lestari, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta memberikan kontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif. Perusahaan juga memastikan strategi ‘The Unilever Compass’ terintegrasi dalam semua kegiatan bisnisnya, termasuk merek, inovasi produk, dan program masyarakat.

Komitmen ini diwujudkan dengan memastikan bahwa setiap merek memiliki tujuan atau maksud yang jelas dan selaras dengan ketiga pilar tersebut. Dari sisi operasional bisnis, Unilever Indonesia menjalankan kegiatan sesuai dengan komitmen pada praktik bisnis yang berkelanjutan dan etis, dari hulu hingga ke hilir.

Dengan perolehan penghargaan bergengsi ini, Unilever Indonesia semakin kokoh sebagai pelopor dalam praktik bisnis berkelanjutan, menetapkan standar yang bisa menginspirasi bisnis dan industri.

Terkait inisiatif dan inovasi, UNVR juga berpedoman pada nilai-nilai keberlanjutan guna mendorong terwujudnya Indonesia yang lebih ramah lingkungan, sehat, sejahtera, adil, dan inklusif. Dengan tekad kuat untuk mengembangkan ekonomi sirkular, Unilever Indonesia berhasil mengumpulkan dan mengolah lebih banyak plastik daripada yang digunakan dalam penjualan produk, mencapai jumlah sebanyak 62.360 ton sepanjang tahun 2022 melalui kerja sama dengan 4.000 bank sampah yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Sejumlah program juga digagas sejalan dengan misi perusahaan. Unilever Indonesia melibatkan pemberdayaan komunitas perempuan melalui edukasi tentang pentingnya mengonsumsi gizi seimbang melalui Royco Nutrimenu.

Ada pula pemeriksaan gigi gratis dan layanan tele-dentistry dari Pepsodent, serta dukungan terhadap petani kedelai hitam Mallika Bango, adalah beberapa inisiatif lain yang dijalankan oleh perusahaan.

Kiprah di bidang ekonomi dan bisnis

logo unileverlogo unilever (unilever.com)