BUSINESS

Digelar Bulan Depan, Segini Harga dan Cara Beli Tiket GIIAS 2023

Pembelian tiket bisa dilakukan secara daring atau langsung.

Digelar Bulan Depan, Segini Harga dan Cara Beli Tiket GIIAS 2023Pengunjung memadati ruang pamer kendaraan pada pameran otomotif GIIAS 2022. (ANTARAFOTO/Muhammad Iqbal)

by Ekarina

14 July 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali digelar di ICE BSD, Tangerang pada 10-20 Agustus 2023. Total ada 49 merek kendaraan bermotor yang dipamerkan, terdiri dari 29 merek kendaraan berpenumpang, 5 merek kendaraan komersial dan 15 merek kendaraan roda dua.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, pameran GIIAS 2023 akan menjadi milestone khusus bagi GAIKINDO. "Di tahun ini GIIAS hadir sebagai penyelenggaraan pameran GAIKINDO yang ke-30 dan merupakan pameran yang menghadirkan jumlah merek kendaraan terbanyak dalam delapan tahun terakhir," katanya dalam press conference di Jakarta, Kamis (14/7).

Berbeda dari tahun sebelumnya, selain akan dibanjiri brand yang lebih banyak, GIIAS 2023 akan menempati area yang lebih luas yakni sekitar 100.000 meter per segi (sqm). Tingginya antusiasme pemilik merek dan industri pendukung otomotif dalam mengikuti ajang pameran tahun ini membuat penyelenggara terpaksa menolak sebagian partisipan karena keterbatasan kapasitas. 

Tahun lalu GIIAS mencatatkan nilai transaksi Rp11,75  triliun.  Meski begitu, GAIKINDO tak memiliki target khusus untuk penyelenggaraan pameran tahun ini. Harapannya, pameran ini dapat menjadi ajang memperluas dan mengedukasi masyarakat terkait teknologi otomotif.  "Tahun ini kami optimistis bisa lebih besar lagi karena melihat antusiasme yang begitu besar," katanya. 

Apalagi, sektor otomotif merupakan salah satu sektor industri yang paling cepat pulih setelah pandemi Covid-19. Ini sejalan dengan kenaikan peringkat yang dialami Indonesia dari posisi 15 menjadi posisi ke-11 negara dengan produksi kendaraan bermotor terbesar dunia. Sedangkan market domestik, Indonesia berada di posisi ke-14 dunia. 

"Dengan jumlah total penduduk mencapai lebih dari 275 juta jiwa, dan rasio kepemilikan mobil sebesar 99 unit per 1.000 penduduk, Indonesia memiliki pasar potensial terbesar di Asia Tenggara," katanya.

Peluncuran produk baru

Dalam delapan tahun terakhir, GIIAS telah menjadi tuan rumah bagi lebih dari 250 perkenalan produk kendaraan, yang mana sembilan di antaranya menjadi tempat debut global atau world premier.

Pameran internasional ini juga memperkenalkan teknologi otomotif masa depan dengan menghadirkan lebih dari 60 mobil konsep. 

"GIIAS tak pernah absen menjadi ajang pengenalan industri otomotif. Tahun ini pun ada puluhan inovasi teknologi kendaraan terbaru, termasuk kendaraan berbasis listrik hingga peluncuran kendaraan world premiere," kata Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO, Rizwan Alamsjah. 

Harga Tiket GIIAS dan Cara Beli

Project Director GIIAS 2023, Sri Vista Limbong mengatakan tiket GIIAS dapat dibeli dengan dua cara: online melalui aplikasi Auto360 atau dibeli langsung di lokasi (on-the spot). Harga tiket dibanderol mulai dari Rp50 ribu pada hari kerja (weekdays) untuk pembelian secara online. Sedangkan pembelian di lokasi acara, tiket dibanderol lebih tinggi atau seharga Rp70 ribu (weekdays).

Lain pula dengan hari libur atau akhir pekan (weekend), yang mana tiket dapat dibeli seharga Rp100 ribu (online) dan Rp120 ribu untuk pembelian di tempat. Khusus pada hari kemerdekaan 17 Agustus, tiket online dijual seharga Rp78 ribu dan Rp120 ribu untuk pembelian di tempat. 

Penyelenggara memberlakukan pembelian tiket melalui skema pra-penjualan (pre-sale) yang terbagi dalam dua periode. Untuk pre-sale volume.1  yang dibuka 17 hingga 19 Juli 2023 ada diskon sebesar 50 persen. Sedangkan pada pre-sale vol.2 yang dibuka 24 hingga 26 Juli pengunjung bisa memperoleh diskon 25 persen.

Selain itu, tersedia pula tiket VIP untuk hari pembukaan pada 10 Agustus 2023. Khusus di tanggal itu, pameran hanya dibuka untuk kalangan terbatas seperti pers, undangan VIP dan VVIP serta pengunjung  yang punya tiket VIP. Harga tiketnya dijual seharga Rp 200 ribu.