BUSINESS

Mitsubishi XForce Rilis Perdana, Penjualan Ditargetkan 10.000 Unit

Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan SUV ini.

Mitsubishi XForce Rilis Perdana, Penjualan Ditargetkan 10.000 Unitdok. Mitsubishi Motors

by Ekarina

11 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Mitsubishi Motors Corporation resmi meluncurkan Mitsubishi XFORCE, kendaraan compact SUV, perdana di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS 2023) di ICE BSD, Tangerang. Pabrikan ini menargetkan produk baru tersebut sedikitnya bakal dipesan 10.000 unit hingga akhir tahun. 

Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan SUV lima penumpang ini, tapi XFORCE dijadwalkan untuk dipasarkan di sejumlah negara ASEAN lainnya, juga Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika. Model ini akan diproduksi di Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia di Bekasi, Jawa Barat.

"Targetnya 10.000 unit sampai akhir tahun. Produksinya dimulai Oktober, delivery-nya di November," kata Marketing Director Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia, Tetsuhiro Tsuchida, di Tangerang, Kamis (10/8).

Mitsubishi XFORCE merupakan kendaraan penumpang dengan model compact SUV 5-seater yang dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengguna di kawasan ASEAN Cdan telah melalui uji coba secara berulang di kawasan ini.

Kendaraan ini memiliki karakter stylish dan robust, desain SUV autentik ini menyuguhkan bodi yang berukuran compact, menawarkan handling yang baik, kenyamanan serta utilitas fitur seperti interiornya yang luas dan berbagai ruang penyimpanan. XFORCE bisa menjadi kendaraan compact SUV aman dan nyaman dikendarai di  berbagai cuaca dan kondisi jalan.

“Selain memastikan memenuhi kebutuhan akan performa berkendara, kemudahan handling, interior yang nyaman, kemudahan penggunaan berbagai fitur, dan segalanya yang dituntut dari sebuah compact SUV, kami telah mencurahkan hati dan jiwa kami ke dalam pengembangan XFORCE untuk menghadirkan kegembiraan berkendara sehari-hari bagi pelanggan kami,” kata President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato.

Sedangkan Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKS), Atsushi Kurita, menjelaskan kebutuhan akan segmen kendaraan kerap dipicu oleh faktor emosional seperti status sosial, kepribadian serta citra prestisius. Namun, faktor fungsional seperti fitur yang lengkap, kenyamanan dan keamanan serta performa kendaraan yang kuat juga menjadi elemen penting dalam memilih kendaraan yang tidak hanya dapat mendukung aktivitas sehari-hari, juga untuk rekreasi dan interaksi sosial. 

Kehadiran Mitsubishi XFORCE akan memberikan definisi baru pada segmen compact SUV di Indonesia yang sejalan dengan preferensi beragam konsumen yang menyiratkan kebutuhan akan mobil compact SUV yang mengakomodasi sisi futuristik, prestisius, dan nyaman ditunjang oleh layanan purnajual dalam tingkatan yang optimal. 

"XFORCE hadir di pasar populer yang telah diisi banyak merek dengan berbagai teknologi, model dan fitur yang ditawarkan kepada masyarakat. Untuk itu, XFORCE harus menjadi Game Changer, seperti layaknya Xpander di tahun 2017 saat memasuki pasar Small MPV di Indonesia yang juga sangat populer saat itu," ujarnya.

Fitur Unggulan

XFORCE memiliki panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm  dan tinggi 1.660 mm dengan ground clearance 222 mm ditambah roda 18 inci serta ban berdiameter besar menyempurnakan jalan penanganan di jalan yang kasar. Dengan desain SUV autentik yang stylish namun bertenaga menyiratkan kesan tangguh namun elegan.

Meski ukuran bodinya ringkas, XFORCE menawarkan ruang interior lapang yang memungkinkan semua penumpang untuk bersantai. Untuk menambah kenyamanan, kursi depan menawarkan ruang duduk kelas atas dengan fitur seperti area bahu yang luas. XFORCE merupakan model yang pertama kali dilengkapi dengan Dynamic Sound Yamaha Premium, yang dikembangkan bekerja sama dengan Yamaha Corporation. Sistem ini terdiri dari delapan speaker, dengan tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker koaksial dua arah di pintu belakang. 

Pada bagian mesin, Mitsubishi membekali mesin bensin tipe 4A91. Dilengkapi CVT dengan efisiensi tinggi dan dikombinasikan dengan mesin MIVEC 1.5L DOHC 16-valve yang telah teruji, memberikan sebuah akselerasi bertenaga dan responsif melalui kontrol perputaran mesin seperti pada transmisi bertahap ketika akselerator ditekan penuh. 

XFORCE menggunakan teknologi four-wheel control Mitsubishi Motors, dan menjadi mobil 2WD Mitsubishi pertama yang menggunakannya, menggabungkan mode berkendara untuk mencapai handling jalan sebuah SUV. Empat mode berkendara normal, wet, gravel, dan mud, yang dapat dipilih tergantung pada kondisi jalan memungkinkan mobil menghadapi berbagai kondisi jalan dengan mengintegrasikan Active Yaw Control (AYC) yang akan menyesuaikan gaya berkendara. 

Wet mode yang diadopsi oleh Mitsubishi Motors untuk pertama kalinya di mobil Mitsubishi akan meningkatkan kemampuan menikung dan stabilitas di jalan basah saat hujan, bahkan di jalan banjir saat hujan lebat membuat mobil terjaga dari kehilangan kendali agar pengemudi bebas berkendara tanpa rasa khawatir. DItambah enam SRS airbag dan sistem driver assistance akan meningkatkan ketenangan berkendara.

Harga Jual XFORCE

Mitsubishi XFORCE secara resmi dipasarkan di Indonesia oleh MMKSI dalam dua pilihan varian, dan enam pilihan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic dengan harga on the road (OTR) sebagai berikut:

  • Mitsubishi XFORCE Ultimate CVT: Rp 412.900.000
  • Mitsubishi XFORCE Exceed CVT: Rp 379.900.000