BUSINESS

Pemimpin Netflix Film Scott Stuber Resign dan Dirikan Perusahaan Baru

Netflix mencari pemimpin baru dalam bisnis filmnya

Pemimpin Netflix Film Scott Stuber Resign dan Dirikan Perusahaan BaruEfek Squid Game terhadap Netflix. (Pixabay/Tumisu)

by Ekarina

23 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pimpinan Netflix Film, Scott Stuber dikabarkan hengkang dari perusahaan. Stubber disebut akan meninggalkan pionir layanan streaming tersebut pada Maret dan mendirikan perusahaan media sendiri.

Dikutip dari Reuters, Hingga saat ini, belum ada pengganti yang teridentifikasi. Stuber bergabung dengan Netflix pada 2017 untuk memperluas daftar film layanan ini.

Mantan eksekutif Universal Studios tersebut menggunakan hubungannya dengan komunitas kreatif untuk menjalin hubungan dengan sejumlah produser film ternama seperti Alfonso Cuarón, Spike Lee, Greta Gerwig, Rian Johnson, Jane Campion, dan Martin Scorsese.

“Scott telah memimpin paradigma baru tentang bagaimana film dibuat, didistribusikan, dan ditonton,” kata Ted Sarandos, Co-Chief Executive Netflix, dalam sebuah pernyataan dilansir dari The New York Times. “Dia menarik bakat kreatif yang luar biasa ke Netflix, menjadikan kami studio film perdana.”

Meskipun film-film yang dibintangi Stuber membantu meningkatkan bisnis Netflix secara signifikan, dia sering berselisih dengan Sarandos mengenai strategi. Stuber sering mencoba menenangkan para produser film dengan mendorong rilis teater yang lebih luas dibandingkan yang dilakukan oleh Ted Sarandos.

Film nominasi penghargaan

Di bawah kepemimpinannya, Netflix menjadi studio yang paling banyak dinominasikan untuk Academy Awards selama tiga tahun berturut-turut, dari 2020 hingga 2022, dan mengumpulkan delapan nominasi film terbaik, termasuk "The Irishman", "Roma", dan "The Power of the Dog".

Stuber memandu Netflix dan bertaruh besar pada bakatnya dengan menggeluarkan US$450 juta untuk mengamankan dua sekuel "Knives Out" dari sutradara Rian Johnson dan USS$200 juta yang dilaporkan untuk film aksi "The Grey Man," dari Russo Bros.

Meski memiliki usaha baru, Stuber juga dikabarkan bakal tetap memproduksi proyek film untuk Netflix, menurut laporan Bloomberg News. “Saya berharap dapat menemukan cara baru untuk terus bekerja sama,” kata Chief Content Officer Bela Bajaria.

Netflix akan mengumumkan pendapatan kuartal keempatnya hari ini, Selasa (23/1).