BUSINESS

Usai Akuisisi, M&C Saatchi Indonesia Rebranding jadi Moonfolks

Perusahaan induk di Singapura juga akan mengubah nama.

Usai Akuisisi, M&C Saatchi Indonesia Rebranding jadi MoonfolksM&C Saatchi Indonesia resmi rebranding atau mengubah nama menjadi MOONFOLKS (dok. Moonfolks)

by Ekarina

25 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan agensi Iklan, M&C Saatchi Indonesia resmi Rebranding atau mengubah nama menjadi MOONFOLKS mulai 24 Januari 2024, bertepatan dengan haro jadinya yang ke enam. 

Moonfolks akan dipimpin oleh para Co-founder, Anish Daryani (President Director & CEO), Dami Sidharta (Chief Creative Officer), dan Elki Hendria (Chief Strategy & Digital Officer).

Presiden Direktur dan CEO Moonfoks, Anish Daryani mengatakan di dalam dunia yang penuh dengan Artificial Intellegence (AI), ide cemerlang saja tidak cukup. Oleh sebab itu, dengan munculnya ide-ide baru yang lebih besar di dunia,  agensi ini bertekad untuk membawa brandnya ke tingkat baru yang lebih tinggi dengan visi menjadi salah satu agensi paling efektif di dunia dengan tujuan membantu brand mencapai hal yang tampaknya tidak mungkin.

"Kami akan lebih cekatan dan fleksibel dalam pendekatan dan membangun lebih lanjut nilai-nilai yang telah kami ciptakan selama enam tahun terakhir," kata Anish Daryani  dalam keterangan tertulis, Kamis (25/1).

Untuk mencapai targetnya, agensi telah menciptakan model "Accelerated Commerce", di mana semua layanan agensi diarahkan untuk menghasilkan commerce bagi klien, memberikan tingkat ROAS (Return on Ad Spend) lebih tinggi.

Adapun, layanan Moonfolks nantinya akan mencakup Iklan Moonfolks yang menerjemahkan Brand Purpose ke Commerce, Moonfolks Digital yang mengubah Konten menjadi Commerce, Moonfolks Shopex yang akan membawa Customer experience dan Brand menjadi Commerce dan PR Moonfolks untuk  meningkatkan Reputasi Brand menjadi Commerce.

Agensi juga mengumumkan peluncuran unit produksi kontennya sendiri, Goosebump Pictures. Kemudian, Moonfolks Authentic Intelligence yang merupakan solusi yang baru diluncurkan oleh agensi ini, dengan mengandalkan keahlian Gen-AI untuk menciptakan konten berkualitas dengan keuntungan biaya bagi klien.

Klien-klien M&C Saatchi Indonesia saat ini termasuk PermataBank, Bytedance, Sampoerna - Phillip Morris, Tempo Scan Group, Unilever, Kimia Farma, MundiPharma, Mastercard, Grab, LG, Pertamina, Kemenparekraf (Wonderful Indonesia), Asian Paints, Adaro Energy, Ismaya Group, Astra Credit Company, dan lainnya.

Perubahan nama

Setelah Akuisisi, perusahaan induk agensi ini di Singapura juga mengalami perubahan nama dari M&C Saatchi Holdings Asia Pte. Ltd. menjadi Mirabilia Media Holdings Pte. Ltd.  Demikian pula, entitas hukum agensi ini di Indonesia telah mengubah namanya dari PT. MCS Saatchi Indonesia menjadi PT. Mirabilia Media Indonesia.

Perusahaan tetap mempertahankan semua izin usaha dan dokumen pajak, sesuai dengan akuisisi. Segala bentuk kerjasama bisnis tetap berlanjut, di mana agensi tetap mempertahankan semua kontrak klien, pekerja, dan mitra. Di sisi lain, rebranding ini sama sekali tidak mempengaruhi sistem kerja signifikan terhadap lebih dari seratus karyawan.

Co-founder dan Chief Creative Officer Moonfolks, Dami Sidharta mengatakan, "Saat ini kami memiliki lebih banyak  talenta yang cemerlang di industri ini, dan kami akan mencapai tempat yang kami inginkan jauh lebih cepat dan akan menjadi hal yang menarik di setiap langkahnya," kata dia. 

Co-founder dan Chief Strategy & Digital Officer Moonfolks, Elki Hendria, menambahkan, perusahaan memiliki tujuan jelas yaakni tidak hanya membuat ide dan konten yang menarik, tetapi juga berkomitmen untuk membuat narasi konten yang menarik dan memacu Commerce. "Kami mendefinisikan kembali batas-batas kemungkinan, membuat semua tujuan yang berani menjadi tercapai secara strategis dalam dunia yang dipandu AI," katanya.