BUSINESS

Ini Daftar BUMN di Indonesia dari Berbagai Sektor

Banyak perusahaan BUMN di Indonesia mengisi berbagai sektor.

Ini Daftar BUMN di Indonesia dari Berbagai Sektorilustrasi bumn (dok. bumn.go.id)

by Eko Wahyudi

07 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah suatu negara.

Tujuan utama pendiriannya: mengelola dan mengoperasikan sektor-sektor strategis dalam perekonomian negara tersebut. BUMN memiliki peran penting dalam memajukan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan pelayanan publik.

BUMN memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dari perusahaan swasta, dengan pemerintah memiliki kendali langsung atas kebijakan strategis, kepemilikan saham mayoritas, dan pengangkatan direksi utama BUMN.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut dapat beroperasi sesuai dengan misi, visi, dan kepentingan nasional, serta mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Meskipun dikelola oleh pemerintah, BUMN diharapkan tetap beroperasi secara efisien dan transparan seperti perusahaan swasta. Untuk mencapai tujuan tersebut, prinsip tata kelola yang baik mesti diterapkan demi meningkatkan daya saingnya dalam industri yang mereka geluti.

Indonesia memiliki puluhan perusahaan yang BUMN. Setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang berbeda-beda. Berikut daftar perusahaan BUMN berdasarkan sektor industrinya yang dirangkum dari berbagai sumber:
 

1. BUMN sektor pengadaan gas, uap/air panas, listrik, dan udara dingin

  • PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN

2. BUMN sektor pengelolaan air, pengelolaan dan daur ulang sampah, pengelolaan air limbah, dan aktivasi remediasi

  • Perum Jasa Tirta I
  • Perum Jasa Tirta II