BUSINESS

Think Experience and Tech Summit 2023 Dukung Transformasi Berbasis AI

IBM perkuat industri dengan AI siap pakai, Watsonx

Think Experience and Tech Summit 2023 Dukung Transformasi Berbasis AIRoy Kosasih, Presiden Direktur IBM Indonesia memberikan sambutan (Dok. IBM)

by EvanEvan

15 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - IBM menggelar acara Think Experience and Tech Summit 2023 pada 10/08/2023, di Jakarta. Acara ini mempertemukan para pakar industri, pemimpin bisnis, dan perwakilan Pemerintah untuk mengeksplorasi kemajuan terbaru dalam Artificial Intelligence (AI) dan bagaimana teknologi ini dapat membantu organisasi-organisasi di Indonesia.

Lebih jauh, acara ini mengusung #MariBerkreasi, sebuah ajakan untuk dialog seputar kesiapan serta mendorong adopsi AI, serta kolaborasi akademis dan kemitraan lintas-sektoral yang penting untuk mendukung transformasi digital berbasis AI di Indonesia.

“Think Experience and Tech Summit IBM Indonesia memberikan gambaran bagaimana kami akan memberikan the power of hybrid cloud dan AI untuk memungkinkan bisnis anda berinovasi, berkembang, dan bahkan bertransformasi di era digital,” jelas Roy Kosasih, Presiden Direktur IBM Indonesia pada sambutan pembukanya.

Roy menyebut bahwa Pemerintah Indonesia saat ini telah merumuskan peta jalan untuk mencapai dan memungkinkan transformasi digital secara menyeluruh untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk mendukung visi ini, IBM melihat bahwa infrastruktur digital yang kuat dan adopsi teknologi digital, seperti otomatisasi dan analitik, akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Perkuat industri di Indonesia dengan watsonx

Ilustrasi AI besutan IBM, watsonx (Dok. IBM)Ilustrasi AI besutan IBM, watsonx (Dok. IBM)

Pada kesempatan ini, IBM juga menghadirkan berbagai penawaran terbaru. Salah satunya adalah AI untuk bisnis yang siap pakai dan platform data, yaitu watsonx.

"Kita harus berkembang di era baru AI ini dengan kepercayaan dan transparansi sebagai fondasi. IBM berusaha keras untuk memberdayakan pemerintah dan bisnis dengan platform AI watsonx yang canggih untuk mendorong pertumbuhan dan daya saing di masa yang penuh perubahan ini," ujarnya.

Watsonx sendiri dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip etika yang menjadi komitmen IBM. Selain itu, AI besutan perusahaan tahun 1911 ini hadir pula dengan kontrol kualitas yang dibangun untuk memastikan kepercayaan dan keamanan data. 

Model-model dalam watsonx sendiri memastikan akurasi dan mencegah pembuatan informasi palsu. Selain itu, fitur keamanan dan otomatisasi platform ini memungkinkan para data scientists dan pengembang untuk menggunakan data perusahaan yang diatur untuk melatih model pondasi sekaligus menangani kepatuhan dan keamanan di seluruh ekosistem data.

Platform ini terdiri dari studio watsonx.ai untuk model pondasi baru, AI generatif, dan machine learning, penyimpanan data watsonx, data yang dibangun di atas arsitektur lakehouse terbuka, dan perangkat watsonx.governance untuk membantu memungkinkan alur kerja AI dibangun dengan tanggung jawab, transparansi, dan kejelasan.

Cerita pemanfaatan AI hingga talenta digital

Roy Kosasih, Presiden Direktur IBM Indonesia diwawancarai awak media (Dok. IBM)Roy Kosasih, Presiden Direktur IBM Indonesia diwawancarai awak media (Dok. IBM)