BUSINESS

KB Bukopin Beri Kredit Sindikasi Rp2,5 Triliun untuk Pembuatan Kereta

Langkah strategis meningkatkan perkeretaapian Indonesia

KB Bukopin Beri Kredit Sindikasi Rp2,5 Triliun untuk Pembuatan KeretaPT Bank KB Bukopin Tbk memberikan fasilitas kredit Rp2,5 triliun kepada PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA (Persero) untuk modal kerja pengadaan 612 unit kereta new generation untuk Program Replacement Tahun 2023-2026. (Dok. KB Bukopin)

by MarwanMarwan

07 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Bank KB Bukopin Tbk berkomitmen untuk terus mendukung sektor transportasi, sub-sektor produksi sarana perkeretaapian, melalui pembiayaan dengan skema sindikasi. 

Sebagai wujud nyata komitmen tersebut, Bank KB Bukopin bersama 4 bank lainnya memberikan fasilitas kredit Rp2,5 triliun kepada PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA (Persero) untuk modal kerja pengadaan 612 unit kereta new generation untuk Program Replacement Tahun 2023-2026. 

Pembiayaan ini merupakan perjanjian sindikasi hybrid yang melibatkan bank syariah dan bank konvensional. Partisipasi Bank KB Bukopin dalam Kredit Sindikasi ini berperan sebagai Joint Mandated Lead Arranger (JMLA) dan Agen Escrow Konvensional

Adapun 4 bank lainnya yang juga ikut berpartisipasi dalam kredit sindikasi ini yaitu bank syariah: Bank Muamalat Indonesia, Bank BPD Aceh, dan BJB Syariah, serta bank konvensional: Bank ICBC. 

KB Bukopin berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia 

PT Bank KB Bukopin Tbk memberikan fasilitas kredit Rp2,5 triliun kepada PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA (Persero) untuk modal kerja pengadaan 612 unit kereta new generation untuk Program Replacement Tahun 2023-2026. (Dok. KB Bukopin)

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin, Robby Mondong, menyatakan optimisme atas langkah ini. Kemitraan strategis ini memperkuat posisi KB Bukopin sebagai mitra keuangan yang berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia. 

“Kami bangga menjadi bagian dari upaya yang memajukan infrastruktur transportasi negara dan meningkatkan kapasitas produksi kereta api dalam negeri," ujarnya.

Kerja sama ini ditandai dengan seremoni penandatanganan fasilitas kredit yang diadakan di Kantor Pusat Bank Muamalat Indonesia pada tanggal 6 November 2023. Acara ini dihadiri oleh para pemimpin dari lembaga-lembaga keuangan yang terlibat serta Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Risiko PT INKA Andy Budiman.

Partisipasi aktif KB Bukopin dalam kredit sindikasi ini mencerminkan komitmennya untuk menjadi kekuatan penggerak dalam sektor korporasi, dengan kontribusi signifikan terhadap portofolio kredit perseroan. Bank KB Bukopin berharap langkah ini akan berfungsi sebagai katalis untuk mencapai dan bahkan melampaui target kredit tahun ini. (WEB)