BUSINESS

Via IDN Foundation, Saweria Donasi Buku ke Saung Baca Tangerang

Donasi buku didukung hasil penggalangan dana di MAKASI 2023.

Via IDN Foundation, Saweria Donasi Buku ke Saung Baca TangerangSaweria menyalurkan donasi buku untuk Saung Baca IDN Foundation Tangerang, Jumat (2/2).

by Tanayastri Dini Isna KH

02 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tangerang, FORTUNE - IDN Foundation dan Saweria berhasil menghimpun donasi senilai hampir Rp9,72 triliun dalam acara MAKASI 2023.

Dana itu pun digunakan untuk pengembangan pendidikan, termasuk untuk penyediaan buku dan renovasi Saung Baca IDN Foundation di Tangerang. Jenis bukunya beragam, seperti buku anak, ensiklopedia atau kamus, komik, novel, dongeng, cerita rakyat, dan buku edukasi lainnya.

"Di IDN Media, kami percaya setiap anak memiliki hak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Tentunya, program kolaborasi dengan Saweria ini dapat menjadi langkah awal memberikan peluang belajar yang lebih baik lagi bagi anak-anak naungan Saung Baca dengan menciptakan masa depan yang lebih cerah," kata Head of Communications IDN Media, Kania Aisha Pasaman, Jumat.

Mengapa demikian? Sebab, pendidikan adalah salah satu katalisator untuk meraih kemajuan dan pemberdayaan masyarakat. Riset Indonesia Millennial and Gen Z Report 2024 menunjukkan, pendidikan esensialnya mencakup sebesar 90 persen pengembangan critical thinking, 86 persen peningkatan pengetahuan, dan 86 persen pembentukan moral dan empati bagi sesama.

Kemampuan-kemampuan tersebut dapat diasah melalui berbagai metode pembelajaran, termasuk literasi buku. Oleh karena itu, penekanan pada literasi buku menjadi investasi strategis dalam menciptakan individu dan masyarakat yang lebih berkualitas. Karena itulah Saung Baca dibuat.

Saung Baca adalah wadah yang jadi sarana pendidikan bagi anak berusia 4-18 tahun yang kesulitan mengakses pendidikan. Selain di Tangerang, Saung Baca juga beroperasi di Jakarta Barat. Kegiatannya meliputi donasi buku dan sesi belajar bersama karyawan IDN Media (Belajar Bareng Timmy) berisi kegiatan menggambar dan mendongeng.

Sementara itu, MAKASI adalah acara kumul bareng para kreator demi memfasilitasi kolaborasi antarkreator, sekaligus bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang dunia gim dan streaming.

Perwakilan Saweria.co, Johnson Leonardi mengatakan, lewat program MAKASI 2023, Saweria juga mengajak para streamer ikut serta sebagai agen perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendukung penyebaran informasi lewat buku. Dus, menurutnya, program donasi buku di Saung Baca IDN Foundation adalah langkah positif untuk merealisasikan itu.

"Para streamer merasa bangga menjadi bagian dari program ini dan sangat senang bahwa kegiatan yang merupakan hobi dan juga sumber penghasilan bagi mereka dapat menjadi berkah bagi banyak orang lainnya," kata Johnson lagi.

Adapun, Saweria sendiri adalah platform monetisasi live streaming terbesar di Indonesia. Saweria memfasilitasi kesempatan kepada para kreator untuk menerima dukungan langsung dari komunitasnya.

Sementara itu, IDN Foundation adalah organisasi nirlaba milik IDN Media dengan fokus menggelar kegiatan sosial dan kemanusiaan untuk berkontribusi dalam memberi dampak positif bagi masyarakat. Selain Saung Baca, IDN Foundation pun rutin melaksanakan program donor darah dan donasi #1Resep1NasiBungkus untuk pekerja informal di jalan.

Related Topics