Comscore Tracker
FINANCE

Jenis Asuransi yang Penting Dimiliki Saat Ini

Asuransi adalah solusi untuk melindungi diri dari risiko.

Jenis Asuransi yang Penting Dimiliki Saat IniGoogle

by BayuSurti

Jakarta, FORTUNE - Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis asuransi yang penting untuk meminimalisir risiko yang tak terduga?

Pandemi Covid-19 telah menyadarkan banyak pihak tentang pentingnya proteksi diri. Pada situasi ini, asuransi dapat menjadi salah satu solusi perlindungan diri dari berbagai risiko kerugian finansial ketika musibah datang silih berganti.

Dengan memiliki asuransi, jaminan finansial akan lebih terbentengi bila masalah terjadi sewaktu-waktu. Perlindungan asuransi penting, namun perlu dipahami dengan baik berbagai jenis asuransi yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa jenis asuransi sebagaimana dikutip dari Cermati.com.

Asuransi Kesehatan

Harga kesehatan tidak ternilai. Karenanya, produk asuransi kesehatan menjadi salah satu cara untuk melindungi diri dari risiko finansial ketika mengalami sakit dan membutuhkan pembiayaan tinggi. Perlu diingat, asuransi bukan untuk dinikmati sekarang, namun untuk masa depan atau saat terjadi kondisi darurat.

Pemerintah Indonesia memiliki program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Namun, bila ingin mendapat manfaat lebih, Anda dapat membeli produk asuransi swasta yang manfaatnya lebih beragam.

Beberapa hal perlu diperhatikan saat memilih asuransi kesehatan terbaik, antara lain pilihlah produk asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan dengan harga premi sesuai anggaran, Teliti dan pelajari polisnya, terutama terkait manfaat asuransi (coverage) yang ditawarkan. 

Kemudian, bandingkan beberapa produk asuransi kesehatan dan pelajari cara klaim asuransi kesehatan tersebut. Ingat juga untuk selalu mengecek kondisi-kondisi yang dikecualikan dalam polis asuransi.

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa memberikan perlindungan jika terjadi risiko kematian pada pemegang polis. Asuransi ini sangat penting dimiliki para tulang punggung keluarga. Sebab, asuransi jiwa memberikan santunan meninggal dunia kepada ahli waris dan memberikan santunan atas risiko cacat total/sebagian.

Ada jenis produk asuransi jiwa yang murni seperti pengertian di atas dan ada juga jenis asuransi jiwa kredit. Asuransi ini berguna jika ada risiko kematian pada nasabah dan terjadi potensi gagal bayar cicilan kreditnya. 

Untuk memilih asuransi jiwa terbaik, sebenarnya hampir sama dengan saat memilih asuransi kesehatan. Bedanya, bila asuransi kesehatan memperhitungkan manfaat, maka asuransi jiwa mempertimbangkan besarnya uang pertanggungan saat terjadi kematian.

Asuransi kendaraan

Asuransi mobil memberi perlindungan terhadap mobil pribadi dari risiko bencana alam, kebakaran, kerusakaan dan kecelakaan. Asuransi ini cukup penting mengingat kendaraan atau mobil merupakan aset investasi untuk mendukung berbagai aktivitas. 

Ada dua jenis asuransi mobil, yakni all risk dan total loss only (TLO). Asuransi mobil all risk melindungi semua jenis risiko, termasuk tabrakan kecil hingga kendaraan hilang. Sedangkan, pada asuransi mobil TLO, perlindungan ditujukan untuk kendaraan hilang atau kecelakaan besar yang mengakibatkan kecelakaan lebih dari 80%.

Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan berfungsi layaknya tabungan masa depan. Fungsinya untuk menjamin kelangsungaan pendidikan anak-anak di tengah mahalnya biaya pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Namun, asuransi pendidikan bukanlah tabungan pendidikan.

Umumnya, asuransi pendidikan merupakan produk asuransi unit link yang menyertakan investasi. Dana yang terkumpul akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi ke berbagai instrumen atau portofolio investasi yang dianggap menguntungkan. Perlu diingat, investasi tak hanya menguntungkan, namun juga bisa berisiko.

Oleh karena itu, sebelum membeli asuransi pendidikan, pastikan Anda memahami produk asuransi yang ditawarkan. Saat memilih produk asuransi pendidikan terbaik, pastikan dana sesuai dengan target pendidikan.

Asuransi properti

Asuransi lainnya yang penting untuk dimiliki adalah asuransi properti yang dapat melindungi berbagai kepemilikan rumah tinggal atau apartemen, usaha pabrik atau kos-kosan, dan lain sebagainya dari risiko kerusakan, pencurian, dan kebakaran.

Mirip asuransi mobil, perusahaan asuransilah yang akan menanggung segala biaya yang timbul akibat risiko kerusakan yang terjadi. Umumnya, manfaat asuransi properti adalah kompensasi kerugian atas kebakaran, pencurian, hingga bencana alam pada properti yang telah diasuransikan.

Selain itu, asuransi properti tidak hanya berlaku untuk bangunan yang sudah jadi dan ditempati, tetapi juga untuk bangunan yang masih dalam proses pembangunan.

Asuransi investasi

Asuransi investasi adalah bentuk proteksi dan nilai tunai pada pengembangan dana investasi bisnis Anda. Sehingga, total dana yang diserahkan, sebagiannya digunakan untuk biaya proteksi investasi.

Asuransi investasi atau asuransi unit link ini memberikan proteksi yang sama dengan asuransi lainnya. Sementara, yang dimaksud nilai tunai disini akan digunakan untuk membayar premi asuransi apabila Anda tidak memiliki penghasilan. Nilai asuransi investasi ini juga bisa digunakan untuk hal keuangan lainnya.

Asuransi kecelakaan

Banyak orang yang tidak tertarik untuk memiliki asuransi kecelakaan karena sudah mendapatkan perlindungan atau jaminan dari tempat mereka bekerja. 

Akan tetapi, kecelakan bisa saja terjadi kapan saja, baik saat bekerja ataupun sedang di luar jam kerja. Tidak ada salahnya melindungi diri Anda dari beberapa risiko besar lainnya.

Asuransi korporasi

Asuransi korporasi adalah sebuah bentuk perlindungan yang ditujukan pada karyawan yang berkerja di korporasi. Asuransi ini hanya berlaku pada peserta pemegang polis yang masih aktif bekerja di korporasi tersebut.

Asuransi hari tua

Asuransi hari tua memberikan jaminan kepada pesertanya saat memasuki usia pensiun. Tentu hal ini sangat membantu, mengingat di usia tersebut Anda sudah tidak produktif lagi untuk menghasilkan uang.

Jenis asuransi ini sangat membantu karena berkaitan dengan masa mendatang. Dengan asuransi tua, Anda bisa merancang masa pensiun dan memilih besaran asuransi sesuai dengan kemampuan Anda sendiri.

Itulah jenis-jenis asuransi yang perlu diketahui. Anda bisa memilih jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Articles