FINANCE

KTA adalah Produk Pinjaman Tanpa Agunan, Kenali Jenisnya!

Termasuk produk kredit perbankan

KTA adalah Produk Pinjaman Tanpa Agunan, Kenali Jenisnya!ilustrasi mengajukan KTA (unsplash/annika wischnewsky)
14 June 2024

Di tengah meningkatnya kebutuhan sehari-hari, produk Kredit bank menjadi andalan masyarakat. Namun, tidak sedikit pengajuan kredit harus menyertakan jaminan kepada para debitur. 

Bagi Anda yang merasa terbebani dengan jaminan tersebut, KTA menjadi salah satu solusi produk kredit yang bisa diajukan. KTA adalah kredit tanpa agunan yang bisa diajukan nasabah di sejumlah perbankan.

Dibandingkan dengan produk kredit lainya, proses pengajuan KTA dapat dikatakan lebih mudah dan cepat. Penasaran mengenai KTA lebih lengkap? Simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian KTA

Dilihat dari definisinya, KTA adalah salah satu produk pinjaman atau kredit yang menawarkan fasilitas kredit tanpa perlu menyediakan jaminan pada nasabah. Artinya, nasabah tidak perlu ambil pusing dengan jaminan dalam proses pengajuannya.

Umumnya, orang yang ingin mengajukan pinjaman atau kredit di bank harus menyerahkan agunan yang digunakan sebagai jaminan, mulai dari rumah, motor, mobil, dan aset lainnya. 

Lain halnya dengan KTA atau kredit tanpa agunan, nasabah tidak perlu menyerahkan aset tersebut sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman.

Tidak heran, KTA hadir sebagai solusi bagi nasabah yang merasa terbebani dengan jaminan dalam proses pengajuan kredit. Dengan KTA, Anda bisa memanfaatkan untuk memenuhi keperluan sehari-hari dan mendesak.

Meskipun prosesnya terbilang cukup mudah, pihak bank juga memiliki pertimbangan untuk memberikan kredit pada nasabah. Di antaranya, seperti riwayat kredit, kelengkapan syarat, hingga status kepegawaiannya.

Jenis-jenis KTA

Umumnya, KTA dibagi menjadi dua jenis yang mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. KTA reguler dan KTA payroll jadi jenis yang ditawarkan pada nasabah. Berikut penjelasan mengenai kedua jenis KTA tersebut.

KTA reguler merupakan produk pinjaman tanpa agunan yang biasanya ditawarkan pihak bank kepada nasabah. Tanpa perlu menjadi nasabah dari bank tertentu, Anda bisa melakukan proses pengajuan pinjaman.

Selain KTA reguler, KTA payroll termasuk jenis KTA yang banyak diterapkan dan digunakan nasabah. KTA payroll umumnya ditujukan kepada pekerja yang mendapatkan gaji bulanan melalui bank pemberi pinjaman tersebut.

Proses pengajuannya juga relatif lebih cepat karena pihak bank akan lebih yakin atas kemampuan debitur dalam melunasi kredit.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.