FINANCE

3 Kebiasaan Mengatur Uang Ala Jutawan

Mengatur uang ala jutawan bisa membantu mengelola keuangan.

3 Kebiasaan Mengatur Uang Ala JutawanIlustrasi uang (Unsplash/@alexandermils)
14 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kebiasaan mengatur uang ala jutawan bisa membantu mengelola keuangan untuk lebih tertata. Ketika Anda memikirkan tentang jutawan, Anda mungkin berasumsi mereka menghabiskan waktu mereka di jet pribadi, terbang keliling dunia sambil menyeruput sampanye, dan mengemil kaviar. Kenyataannya adalah banyak jutawan yang berhasil mencapai kesuksesannya dengan berhemat, melakukan investasi secara konsisten, dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Ada tiga poin penting yang bisa dicontoh dari para jutawan. Pertama, kita mungkin tidak bisa menjalani gaya hidup jutawan, tapi kita bisa mengikuti beberapa kebiasaan perbankan orang-orang yang sangat kaya. Kedua, jadwalkan pemeriksaan keuangan rutin dan cobalah mengumpulkan dana darurat jika Anda tidak memilikinya. ketiga, membangun kekayaan membutuhkan waktu, dan kebiasaan finansial yang baik dapat membuat perbedaan besar. Merangkum The Motley Fool, berikut ini seluk beluk mengenai kebiasaan mengatur uang ala jutawan.

1. Para jutawan memiliki dana darurat

Kebiasaan mengatur uang ala jutawan yang sangat penting ditiru yakni memiliki dana darurat. Sebuah survei dari Capgemini terhadap 3.000 individu dengan kekayaan tinggi awal tahun lalu menunjukkan bahwa mereka menyimpan 34 persen uang mereka dalam bentuk tunai atau setara tunai. Angka ini lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena suku bunga yang lebih tinggi telah membuat rekening tabungan menjadi lebih menarik.

Memiliki dana yang mencukupi untuk tiga hingga enam bulan biaya hidup di rekening tabungan berbunga tinggi dapat melindungi Anda dari hal-hal yang tidak terduga. Uang tunai tersebut tersedia jika Anda kehilangan pekerjaan atau harus menanggung biaya medis. Ini dapat membantu Anda menghindari utang dengan bunga tinggi, mengurangi stres, dan berinvestasi dengan perspektif jangka panjang.

Apa artinya? Jika Anda sudah khawatir tentang bagaimana memenuhi kebutuhan bulanan, dana darurat mungkin tampak seperti kemewahan yang tidak dapat dicapai. Memang jauh lebih mudah membangun keamanan finansial semacam itu ketika Anda memiliki uang lebih.

Meskipun begitu, banyak dari kita dapat menyisihkan sedikit uang untuk keadaan darurat. Anda tidak perlu mengumpulkan tabungan tersebut dalam semalam. Bahkan memiliki sedikit tabungan lebih baik daripada tidak sama sekali. Lihatlah rekening tabungan berbunga tinggi terbaik yang kami rekomendasikan untuk menemukan tempat yang baik bagi tabungan Anda.

Periksa laporan bank terbaru Anda dan lihat apakah Anda bisa mengurangi pengeluaran sebesar US$10 atau US$20. Mungkin ada langganan yang tidak Anda gunakan atau beberapa area pengeluaran yang bisa dikurangi. Jika Anda menabung US$10 per minggu, Anda akan memiliki US$500 dalam setahun. Itu adalah awal yang baik.

2. Rajin mengevaluasi pengeluaran dan cek saldo

Tom Corley mewawancarai ratusan jutawan dan non-jutawan untuk bukunya Rich Habits, Poor Habits. Dia menemukan bahwa 96 persen dari jutawan yang membangun kekayaannya sendiri menyeimbangkan buku cek mereka setiap bulan. Meskipun buku cek tidak banyak digunakan saat ini, proses melacak transaksi Anda dan memastikan semuanya sesuai masih merupakan kebiasaan perbankan yang bermanfaat.

Jadwalkan waktu rutin untuk memeriksa keuangan Anda. Dengan begitu, Anda akan dapat menghindari pengeluaran sia-sia dan yakin bahwa Anda memiliki cukup uang untuk memenuhi kewajiban Anda. Jika Anda mencoba melunasi utang, membangun dana pensiun, atau menabung untuk tujuan tertentu, ini adalah cara yang baik untuk memastikan Anda tetap pada jalurnya. Anda juga akan menyadari adanya penipuan atau kesalahan bank dan dapat mengambil tindakan dengan cepat.

Anda bisa melacak keuangan melalui aplikai perbankan online, melihat saldo, memeriksa laporan terbaru, dan mentransfer uang dengan sekali klik. Jika Anda memiliki beberapa akun, pertimbangkan untuk menghubungkannya atau mencatat pengeluaran ke aplikasi perencana keuangan, sehingga Anda dapat melihat semua aktivitas Anda di satu tempat.

Related Topics