Comscore Tracker
FINANCE

Apa itu Kartu Debit dan Apa Manfaatnya?

Penggunaan kartu debit memiliki banyak manfaat.

Apa itu Kartu Debit dan Apa Manfaatnya?Ilustasi mesin ATM/Shutterstock pspn

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Kartu debit adalah salah satu alat bertansaksi yang populer dan banyak digunakan masyarakat dalam menjalankan aktivitas ekonomi sehari-hari. Tren penggunaannya juga terus meningkat seiring dengan menurunnya kebiasaan masyarakat menggunakan uang kartal

Secara sederhana kartu debit merupakan kartu yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja selain menggunakan uang tunai dari rekening bank Anda.  Namun, ia punya perbedaan signifikan dengan kartu kredit, yang juga punya fungsi sama: untuk bertansaksi tanpa uang kertas.

Jika kartu kredit bersifat "dana talangan" yang bisa Anda gunakan ketika Anda tidak memiliki uang cash maupun saldo di rekening ATM, kartu debit justru sebaliknya. Ia tidak bisa digunakan jika rekening Anda nol atau kurang dari jumlah yang dibutuhkan untuk bertransaksi.

Sebab, kartu debit adalah bentuk lain dari uang yang Anda simpan di rekening. Nominal belanja yang Anda bayarkan menggunakan kartu debit akan langsung mengurangi saldo rekening Anda dengan jumlah yang sama.

Manfaat kartu debit

Selain itu, kartu debit juga dapat digunakan untuk menarik uang tunai dari rekening Anda menggunakan mesin ATM. Jika menggunakan mesin ATM dengan jaringan bank yang sama, jumlah yang ditarik akan sama besarnya dengan pengurangan saldo di rekening Anda. 

Namun, jika menarik uang tunai di ATM bank berbeda, nominal yang dikurangi dari rekening Anda akan lebih besar dari jumlah uang cash yang Anda tarik. Ini dikarenakan tiap bank menerapkan biaya administrasi untuk penarikan atau penyetoran tunai di luar jaringannya.

Sebagai contoh, jika Anda menarik uang Rp100.000 di ATM BCA menggunakan kartu debit BCA, saldo rekening Anda di bank akan berkurang Rp100.000. 

Sementara, jika Anda menggunakan kartu debit BCA untuk melakukan tarik tunai di ATM bank BNI dengan jumlah sama, saldo di rekening Anda bisa berkurang Rp107.500. Ini karena BNI menarik biaya administrasi sebesar Rp7.500 untuk satu kali transaksi.

Di luar hal tersebut, dengan menggunakan kartu debit Anda juga bisa beroleh banyak keuntungan. 

Pertama, Anda dapat mengumpulkan banyak poin yang bisa digunakan untuk mendapatkan diskon atau potongan harga.

Kedua, Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan uang lebih banyak dari saldo rekening Anda.

Ketiga, tidak ada penyaringan dan siapapun dapat menggunakannya. Terakhir, Anda tidak perlu pergi ke ATM untuk mengambil uang tunai.

Related Articles