FINANCE

Strategi Jitu Investasi Pasangan Double Income yang Menjanjikan!

Punya potensi yang besar untuk investasi

Strategi Jitu Investasi Pasangan Double Income yang Menjanjikan!Ilustrasi pasangan bergandengan tangan (Unsplash/@tannht)
29 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Pasangan yang memiliki dua sumber pendapatan atau yang sering disebut dengan double income, memiliki potensi besar untuk berInvestasi. Namun, investasi pasangan double income akan menjadi mustahil jika tidak ada pemahaman yang baik mengenai pengalokasian dana dengan bijak. 

Tak dapat dimungkiri, jika dibandingkan dengan pasangan yang hanya memiliki satu sumber penghasilan, pendapatan ganda ini menawarkan kesempatan membangun perekonomian keluarga yang lebih mapan. Lantas, apa kunci untuk mewujudkannya?

Sebelum mengetahui investasi yang lebih cocok untuk pasangan berpenghasilan ganda, baiknya terlebih dahulu Anda menyimak tips jitu pengelolaan dana pasangan berpenghasilan ganda berikut!

Tips jitu pengelolaan dana untuk investasi pasangan double income

Pengelolaan keuangan dalam keluarga adalah hal krusial yang harus dibicarakan setiap pasangan muda. Jika semula setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mengelola pendapatan, kini cara tersebut harus dielaborasikan dengan pasangan, apalagi jika keluarga Anda termasuk double income

Wujudkan kemapanan ekonomi keluarga dengan tips pengelolaan keuangan berikut ini.

1. Menyepakati rencana keuangan bersama

Semestinya, rencana keuangan ini sudah dibicarakan sejak sebelum memutuskan untuk menikah. Hal ini dikarenakan masalah keuangan memang merupakan salah satu masalah kompleks dalam kehidupan sebuah keluarga. 

Memastikan adanya kesepakatan kedua belah pihak mengenai rencana pengelolaan keuangan bersama ini juga hal krusial. Tentukan bersama mengenai tujuan keuangan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang bersama-sama. 

Setidaknya, rencana keuangan tersebut harus mencakup tabungan darurat, investasi jangka panjang, pendidikan anak, serta tujuan pribadi lainnya. 

2. Kenali risiko masing-masing investasi

Setiap investasi tentu memiliki besaran risiko yang berbeda-beda. Begitu pula dengan Anda sebagai sang investor, tentu memiliki tingkat toleransi risiko yang berbeda-beda. 

Hal ini perlu didiskusikan agar dapat menentukan alokasi aset yang sesuai dengan profil risiko masing-masing. Dengan begitu, Anda bersama pasangan akan memiliki portofolio investasi yang lebih seimbang dan beragam.

3. Pertimbangkan penghematan pajak

Meski memiliki sumber pendapatan ganda, akan tetapi prinsip penghematan juga tetap harus dimanfaatkan. Pahami terlebih dahulu berbagai insentif pajak yang tersedia bagi pasangan berpenghasilan ganda.

Sebisa mungkin, manfaatkan program pensiun perusahaan, reksadana pensiun, dan fasilitas pajak lainnya untuk mengoptimalkan penghematan pajak dan meningkatkan dana yang tersedia untuk investasi jangka panjang.

4. Investasikan waktu untuk pendidikan keuangan

Pendidikan keuangan merupakan investasi jangka panjang yang sangat berharga. Pasangan dengan dua penghasilan sebaiknya menguasai pengetahuan mengenai konsep dasar investasi, strategi pengelolaan risiko, dan perkembangan pasar keuangan. 

Dengan pemahaman yang baik, Anda dan pasangan akan dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan efektif. 

5. Lakukan evaluasi rutin

Rutinlah melakukan evaluasi terhadap performa investasi secara berkala. Tinjau portofolio investasi, rencana keuangan, dan tujuan investasi setiap beberapa bulan atau setidaknya sekali dalam setahun. Lakukan perubahan yang diperlukan sesuai dengan perkembangan situasi keuangan dan pasar.

Investasi apa yang cocok untuk pasangan double income?

Sebenarnya, untuk memutuskan bentuk investasi, perlu mempertimbangkan diversifikasi portofolio investasi. Diversifikasi portofolio investasi merupakan kunci untuk mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan jangka panjang. 

Pasangan dengan dua sumber penghasilan sebaiknya mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam berbagai kelas aset, seperti saham, obligasi, reksadana, properti, dan instrumen keuangan lainnya sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko. 

Jangan lupa pula untuk tetap mempertahankan prinsip penghematan, termasuk penghematan pajak. Anda dan pasangan bisa meriset berbagai program investasi atau tabungan yang bisa dilakukan pasangan dengan sumber pendapatan ganda, misalnya adalah layanan tabungan bluGether dari blu by BCA. 

Nah, masih banyak lagi berbagai investasi yang memang dikhususkan bagi para pasangan dengan dua penghasilan, sehingga memiliki berbagai benefit untuk Anda dan pasangan. Demikian uraian mengenai tips investasi pasangan double income yang dapat Anda terapkan bersama dengan pasangan Anda.

Related Topics