Comscore Tracker
FINANCE

Permudah Belanja, BRI & Tokopedia Rilis Kartu Kredit Tokopedia Card

Tokopedia Card menawarkan kemudahan pengajuan & transaksi.

Permudah Belanja, BRI & Tokopedia Rilis Kartu Kredit Tokopedia CardKolaborasi BRI dan Tokopedia Dalam Merilis Tokopedia Card. Dok/Tokopedia.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE –PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan Tokopedia menghadirkan kartu Kredit Tokopedia Card. Kolaborasi ini dalam rangka melengkapi kebutuhan alat pembayaran bagi pengguna lokapasar di Indonesia, sekaligus mempermudah belanja daring.

Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani, dalam keterangan resmi yang dikutip, Senin (6/6), mengatakan kerja sama keduanya dapat terjadi atas kesamaan nilai BRI dan Tokopedia. 

“Kerja sama ini menjadi bentuk dukungan berkelanjutan BRI terhadap misi pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan, salah satunya dengan meningkatkan transaksi nontunai,” kata Handayani.

Tokopedia Card yang didukung oleh jaringan pembayaran Visa, kata Handayani, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pengguna Tokopedia. Kemudahan tersebut termasuk dalam berbelanja, pengajuan aplikasi kartu kredit, serta pemantauan penggunaan kartu kredit tersebut.

Menurutnya, BRI merupakan bank pertama di Indonesia yang menerbitkan kartu kredit  via kerja sama dengan merchant digital. Perseroan, kata dia, menyediakan jaringan yang terhubung secara online sehingga memungkinkan koneksi antar BRI dan Tokopedia terjadi secara waktu nyata dan efisien.

Sejumlah kemudahan

Kolaborasi BRI dan Tokopedia Dalam Merilis Tokopedia Card. Dok/Tokopedia.

Kolaborasi ini juga menjadi upaya Tokopedia dalam membuat pengalaman belanja masyarakat Indonesia lebih praktis, menurut VP of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari.

Pengguna bisa mengajukan Tokopedia Card secara mudah, cepat, dan online dengan hanya melampirkan KTP. Proses ini dimungkinkan karena memanfaatkan layanan penilaian kredit (credit scoring) Toko Score.

Menurutnya, desain kartu Tokopedia Card termasuk unik. Dengan memindai QR yang ada di muka kartu, pengguna bisa langsung menemukan berbagai promo menarik serta memeriksa dan mengatur transaksi kartu melalui aplikasi Tokopedia

Pengguna Tokopedia dapat bertransaksi dengan kartu kredit di dalam maupun luar negeri. Itu berlaku di seluruh jaringan Visa baik secara daring maupun luring di lebih dari 70 juta lokasi merchant di seluruh dunia.

“Pengguna dapat mengakses layanan kartu kredit, seperti aktivasi kartu, mengecek detail transaksi, riwayat tagihan hingga memblokir kartu. Pengguna dapat pula mengubah transaksi menjadi cicilan 0 persen hingga 12 bulan langsung dari aplikasi Tokopedia,” ujar Vira.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, mengatakan perusahaan antusias dapat mendukung Tokopedia Card. Peluncuran kartu kredit ini bertujuan membuka akses serta meningkatkan penggunaan pembayaran digital.

Riko lantas mengutip studi Consumer Payment Attitude Study yang menunjukkan 7 dari 10 konsumen Indonesia telah menggunakan aplikasi atau situs web untuk berbelanja pertama kali sejak pandemi. Studi sama memperlihatkan tren peningkatan penggunaan kartu kredit baik secara daring maupun tatap muka menggunakan fitur contactless.

Related Articles