Comscore Tracker
FINANCE

Digitalisasi Layanan, Bank Mandiri Kenalkan EDC Android 

Transaksi EDC Bank Mandiri masih terus tumbuh

Digitalisasi Layanan, Bank Mandiri Kenalkan EDC Android EDC Android

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE- Gencar lakukan digitalisasi layanan, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) memperkenalkan mesin Electronic Data Capture (EDC) Android yang akan meningkatkan kemudahan dan kenyamanan transaksi nasabah. Inisiatif tersebut wujud kolaborasi Bank Mandiri dengan  PT Mitra Transaksi Indonesia (Yokke), dalam penyediaan layanan keuangan digital termodern. 

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto menyatakan, kehadiran Mandiri EDC Android tersebut akan menambah kemudahan layanan keuangan dan transaksi. Mulai dari kapasitas jumlah transaksi yang jauh lebih masif hingga pemantauan penggunaan EDC mobile dengan teknologi real time positioning system.

"Kami terus beradaptasi dan mengadopsi perkembangan terkini terkait alat pembayaran digital agar dapat memberikan nilai tambah yang optimal kepada nasabah dan mitra merchant, kata Aquarius melalui keterangan resminya di Jakarta, (25/8). 

1. Keunggulan EDC Android

Aquarius menjelaskan, keunggulan dari EDC Android ini ialah dapat terintegrasi dengan berbagai layanan lain seperti system POS (point of sales), aplikasi merchant, dan juga platform promosi dan loyalty. Selain itu, EDC Android juga dapat menerima lebih banyak alternatif pembayaran menggunakan QR Payment, nirsentuh dan wearables

Lebih lanjut dia menambahkan, kehadiran teknologi EDC Android ini diharapkan juga dapat memberikan pengalaman transaksi baru bagi mitra dan merchant seperti kehadiran laporan yang komprehensif untuk memudahkan analisa bisnis secara akurat.  

Baru tersedia di SOGO

Pada tahap awal, Bank Mandiri telah bekerjasama dengan Sogo Indonesia untuk menempatkan Mandiri EDC Android di sejumlah merchant guna mempermudah proses pembayaran pelanggan dan nasabah dalam berbelanja. 

Aquarius berharap, kehadiran Mandiri EDC Android dapat memberikan nilai tambah tidak hanya untuk mitra Bank Mandiri namun kepada masyarakat dalam kemudahan layanan transaksi. Terlebih, Mandiri EDC Android ini merupakan bentuk inovasi digital Bank Mandiri dalam memenuhi kebutuhan transaksi nasabah. 

3. Volume transaksi EDC Bank Mandiri terus tumbuh

Aquarius juga mengungkapkan, hingga Juli 2021 terdapat lebih dari 150 ribu merchant kerja sama, dengan jumlah EDC di kisaran 218 ribu unit. Dari jumlah tersebut, Bank Mandiri mencatatkan volume penjualan sebesar Rp 62 triliun di posisi Juli 2021, dengan peningkatan sebesar 13 % dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/YoY). Di samping itu Mandiri EDC juga telah mencatatkan transaksi sebanyak 104 juta di posisi Juli 2021 atau meningkat sebesar 12% YoY.

Related Articles