Comscore Tracker
FINANCE

Ini Cara Cek Kredit Skor sebelum Ajukan Pinjaman

Skor kredit bisa perkirakan tingkat risiko.

Ini Cara Cek Kredit Skor sebelum Ajukan PinjamanIlustrasi Kredit/Bing.com

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Kredit skor sangat penting bagi kita yang ingin mengajukan pinjaman. Sebab, nilai skor kredit ini akan menentukan seberapa besar pinjaman atau kredit yang akan disetujui oleh bank.

Tidak hanya itu, melalui skor kredit, nasabah bisa diberikan kebebasan untuk memilih berbagai penawaran terbaik dari bank yang ingin diajukan kreditnya. Pengecekan skor kredit juga akan membantu kita dalam hal mempercepat proses evaluasi kelayakan kredit yang dilakukan oleh bank. 

Sebelum melakukan pengecekan kredit skor, sebaiknya kita menyiapkan data pribadi dan data lain seperti jenis pekerjaan hingga kondisi finansial. Hal ini dipersiapkan agar menghemat waktu untuk mengisi formulir aplikasi yang panjang dan melelahkan. Nah, berikut ini tata cara untuk mengetahui skor kredit Anda. 

Pengecekan skor kredit melalui OJK

Otoritas Jasa Keuangan

Untuk mengecek kredit skor, kita bisa mencari tahu melalui situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Caranya masyarakat tinggal mengakses laman idebku.ojk.go.id. Berikut tahapannya:

Pertama, masyarakat bisa mengakses laman resmi Idebku, yakni di idebku.ojk.go.id. Laman ini bisa diakses melalui browser yang ada di komputer hingga ponsel masing-masing.

Kedua, isi data diri yang diminta di dalam laman tersebut. OJK meminta masyarakat bisa mengisinya dengan benar dan lengkap.

Ketiga, setelah pendaftaran berhasil, masyarakat akan menerima nomor pendaftaran. Nomor ini bisa digunakan untuk mengecek status permohonan melalui menu status layanan.

Keempat, hasil skor kredit akan dikirimkan melalui email. Masyarakat bisa mendapatkan hasilnya satu hari kerja setelah melakukan pendaftaran.

Skor kredit bisa perkirakan tingkat risiko

kartu kredit

Memiliki skor kredit yang baik sangatlah penting. Sebab, fungsi dari skor kredit ialah dapat memperkirakan tingkat risiko kredit di masa depan, atau seberapa besar kemungkinan Anda membayar pinjaman tepat waktu.

Dengan memahami kondisi finansial dan kelayakan kredit Anda, bank serta pemberi pinjaman dapat memberikan Anda pelayananan yang lebih baik, pinjaman kredit lebih tinggi, serta persetujuan lebih cepat.

Jika masyarakat mengalami kendala dalam hal pengecekan skoring kredit bisa menghubungi berbagai kanal resmi OJK mulai dari nomor telepon, WhatsApp hingga melalui email. Kontak OJK @kontak157 di nomor telepon 157, chat Whatsapp 081 157 157 157 atau email konsumen@ojk.go.id.

Related Topics

Related Articles