Comscore Tracker
FINANCE

Ini Inovasi yang Dilakukan OCBC NISP di Era Open Banking 

Ini tata cara pendaftaran OCBC NISP Hack@ON.

Ini Inovasi yang Dilakukan OCBC NISP di Era Open Banking Peluruncuran Kompetisi OCBC NISP Hack@ON

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE – Di tengah perkembangan digitalisasi, perbakan dituntut untuk bisa berkolaborasi dan merangkul setiap potensi yang ada melalui open banking. 

Oleh karena itu, Bank OCBC NISP bekerja sama dengan DailySocial.id meluncurkan kegiatan kompetisi pemrograman yang bertajuk OCBC NISP Hack@ON dengan mengusung tema #GakPerluRibet Let's Bank Differently. 

Program Hack@ON merupakan ajang inovasi berbasis teknologi, yang bertujuan menghasilkan pengalaman perbankan baru dan mengajak para talenta teknologi bangsa untuk dapat menyalakan ide orisinil dan terbaiknya di era open banking. 

"Dengan era open banking ini, kami melihat peluang untuk akselerasi layanan dan inovasi, sehingga kami mengajak para inovator dan talenta teknologi bangsa untuk bersama – sama mengambil peran untuk berinovasi dan bersama – sama,” ujar Head of Human Resources Bank OCBC NISP Julie Anwar, melalui konfrensi pers di Menara OCBC NISP Jakarta, Rabu (13/7).
 

Open banking dorong literasi keuangan

Saat ini, pemerintah tengah menggaungkan Indonesia Emas 2045. Salah satu tujuan pilarnya adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dengan tolak ukur sehat finansial/ keuangan. Dengan demikian, inklusi dan literasi keuangan sangat diperlukan. 

Julie mengatakan, akses perbankan harus berada di mana saja dan kapan saja, sehingga masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda Indonesia #GakPerluRibet untuk memiliki akses ini.    

Open Banking sendiri adalah mekanisme kerjasama dalam penggunaan teknologi berupa open Application Programming Interface (API). Oleh karena itu, open banking dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat dan akan lebih meningkatkan literasi keuangan.

Ini tata cara pendaftaran OCBC NISP Hack@ON

Pendaftaran program OCBC NISP Hack@ON dibuka pada 12 Juli hingga 4 September 2022. Calon peserta dapat mendaftarkan diri ke Hackathon.onelabs.co//. 

Total 20 peserta akan diundang untuk mengikuti kompetisi Hack@ON secara langsung di Hack Day pada 24 dan 25 September 2022 di ON Space, BSD City. 

Nantinya, tiga pemenang dari OCBC NISP Hack@ON ini akan mendapatkan hadiah dengan total senilai lebih dari 200 juta rupiah. 

Untuk mensosialisasikan program dan mengajak talenta teknologi untuk berpartisipasi di acara tersebut, Bank OCBC NISP akan melakukan Roadshow di empat kota di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya.

Related Articles