FINANCE

Amar Bank Bagikan Dividen Rp55 Miliar, Kapan Jadwalnya?

Dividen setara Rp3,03 per lembar saham.

Amar Bank Bagikan Dividen Rp55 Miliar, Kapan Jadwalnya?Amar Bank di Bursa Efek Indonesia/Dok Amar Bank
05 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), telah menyepakati pembagian Dividen tunai sebesar Rp 55 miliar atau setara dengan Dividend Payout Ratio sebesar 31 persen dari laba bersih perseroan di 2023 sebesar Rp177,9 miliar. 

Pengumuman ini disampaikan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (RUPS) Amar Bank yang diselenggarakan pada Rabu, 29 Mei 2024 lalu. 

Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian menyampaikan, Amar Bank menjadi bank digital pertama yang membagikan dividen di tahun 2024. 

"Terlebih hal ini dapat dilakukan di tengah dinamika industri perbankan digital serta fintech yang semakin kompetitif selama dua-tiga tahun terakhir. Perseroan berhasil meningkatkan kinerja dan laba di sepanjang tahun 2023 serta awal 2024 dengan terus fokus berinovasi melayani segmen ritel dan UMKM melalui berbagai produk dan layanan unggulan kami," kata Vishal melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (5/6).
 

Di dukung NIM, Amar Bank optimis dapat tumbuh berkelanjutan

Ilustrasi Amar Bank/Dok Amar Bank

Ia menyebut, pihaknya optimis masih mencatatkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di tengah dinamika makro ekonomi dan gejolak geopolitik akibat NIM yang kuat. 

Terpisah, Leonardo Lijuwardi, Equity Research Analyst NH Korindo Sekuritas memberikan penilaian yang menarik terhadap langkah strategis Amar Bank yang didukung oleh fundamental yang solid. 

"Apabila di-compare dengan beberapa kompetitor ternama di industri perbankan digital, AMAR mampu menyalurkan dividen pasca berhasil mencetak kinerja turn-around. Langkah ini juga diperkuat dengan impresifnya pertumbuhan NIM dan kualitas aset yang sehat," kata Leonardo. 

Perseroan berhasil menyalurkan kredit dengan total Rp 2,74 triliun di sepanjang kuartal pertama 2024, dengan 52 persen dari pinjaman tersebut ditujukan kepada UMKM. Kinerja tersebut mencerminkan segmen bisnis Amar Bank yang semakin luas, terlebih rata-rata pinjaman industri fintech lending ke sektor produktif baru mengambil porsi 33,61 peraen dari total pembiayaan fintech lending pada Maret 2024 berdasarkan data OJK.

Dividen setara Rp3,03 per lembar saham

Ilustrasi dividen. Shutterstock/Monster Ztudio
Ilustrasi dividen. Shutterstock/Monster Ztudio

Related Topics