Comscore Tracker
FINANCE

Pahami Pengertian CIF Dalam Dunia Perbankan

Ini cara mengetahui CIF bagi nasabah.

Pahami Pengertian CIF Dalam Dunia PerbankanIlustrasi Bank/ Shutterstock.Kevin George

by Suheriadi

Jakarta FORTUNE - Dalam dunia perbankan dikenal beragam istilah, salah satunya CIF atau singkatan dari Customer Information File. Di dalam CIF terdapat seluruh informasi nasabah di suatu bank. 

CIF adalah kode unik yang digunakan untuk mencatat, menyimpan, dan mengonsolidasi informasi data nasabah perbankan. Dengan adanya nomor CIF, dapat dengan mudah memantau histori mutasi transaksi yang telah dilakukan pada sebuah aplikasi sistem yang disediakan oleh bank. 

Selain itu, nomor CIF juga digunakan untuk memberi penilaian berdasarkan perhitungan faktor risiko nasabah. Sehingga pihak bank lebih mudah untuk mengetahui, riwayat transaksi nasabah. 

Ini data yang dimuat oleh CIF

Ilustrasi KTP. Shutterstock/HariPrasetyo

Setiap bank harus memiliki nomor CIF untuk memudahkan mereka untuk mengetahui data-data nasabahnya. Adapun data yang tercantum dalam CIF tersebut  di antaranya nama nasabah, Nomor Identitas Kependudukan (NIK) sesuai KTP. 

Kemudian ada pula data diri lain menyangkut tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, nomor telepon/email/HP. CIF juga memuat tentang besaran penghasilan nasabah, nama orang tua, pekerjaan, alamat tempat kerja, hingga nama istri atau suami. 

Data-data nasabah tersebut, seringkali digunakan oleh pihak bank saat memvalidasi data. Proses validasi tersebut harus dilakukan ketika Anda sedang mengurus keperluan kartu kredit dan lain sebagainya. Tujuannya untuk mencegah atau melindungi nasabah dari risiko kejahatan. 

Ini cara mengetahui CIF bagi nasabah

kartu kredit yang digunakan untuk menarik uang

Setiap nasabah hanya diperbolehkan untuk memiliki satu nomor CIF di satu bank. Artinya, ketika seorang nasabah memiliki dua jenis tabungan di dua bank yang berbeda, maka akan memiliki 2 nomor CIF dari masing-masing bank tersebut. 

Begitu juga untuk nasabah yang memiliki joint account atau satu akun dimiliki lebih dari 2 orang, maka setiap orang akan diberikan nomor CIF yang berbeda. Lalu bagaimana cara mengetahui nomor CIF? Simak ulasannya di bawah ini. 

Untuk mengetahui berapa nomor CIF kamu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Nasabah Bank Mandiri 

Untuk nasabah bank Mandiri, dapat mengajukan permohonan malalui email lke ClientServiceTeam@Mandiri-Investasi.co.id dengan judul subject “CIF REQUEST”.  

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi seperti nama, tanggal lahir, dan nama ibu kandung pada badan email. Jika  sudah mengirimkan email permohonan, Anda hanya tinggal menunggu balasan dari bank Mandiri yang berisikan nomor CIF milik Anda. 

2. Nasabah CIMB Niaga 

Untuk nasabah CIMB Niaga tidak perlu mengajukan surat permohonan bila ingin melihat nomor CIF. Karena, pemilik kartu ATM CIMB Niaga yang terdapat foto dan nama pada kartu, langsung bisa mengetahui dan melihat nomor CIF yang tertera di bagian belakang kartu tersebut.

Related Articles