Comscore Tracker
LUXURY

Jaguar Membangkitkan Kisah Terbaik Berkendara yang Bersejarah

Jaguar bangkitkan kejayaan ini lagi di F-Type Heritage 60.

Jaguar Membangkitkan Kisah Terbaik Berkendara yang BersejarahJaguar F-Type Heritage 60 Edition. (dok. Jaguar)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Industri kendaraan mewah memiliki pasar dan strategi berbeda dari pasar industri mobil pada umumnya. Kepuasan atas produk mobil berkelas karya seni menjadi pertimbangan utama bagi para pencinta kendaraan mewah. Hal ini adalah warisan yang akan terus ada dan tidak tergantikan.

Jaguar E-Type yang diproduksi pada 1961 hadir memadukan teknologi tinggi, keindahan memukau, dan performa unggul, dalam sebuah desain mobil yang menginspirasi. 60 tahun berselang, Jaguar pun kembali membangkitkan kejayaan ini dengan sebuah pembaruan dalam varian F-Type Heritage 60 Edition.

Mengutip Newgen Luxury, Jaguar F-Type Heritage 60 Edition memang memiliki dasar yang sama dengan varian F-Type R. Namun, tipe ini  bergaya klasik dan dilapisi warna Sherwood Green yang merepresentasikan kemewahan dan keberanian, layaknya mobil yang dirilis 60 tahun lalu.

Spesifikasi yang diunggulkan

Interior Jaguar F-Type Heritage 60 Edition. (Dok.Jaguar)

Dengan penggerak empat roda, varian hibrida ini memiliki tenaga 458 kilowatt melalui mesin V8 berkapasitas lima liter. Torsi yang dihasilkan 700Nm ke semua roda melalui transmisi otomatis delapan kecepatan. Yang lebih menarik, Jaguar memberikan garansi pada baterainya selama 8 tahun atau per 100.000 mil.

Jaguar mengklaim akselerasi 3,7 detik dari nol hingga 100km/jam, menuju kecepatan tertinggi 300km/jam yang dibatasi secara elektronik. Selain itu, mobil yang masuk dalam kategori supercar ini juga dilengkapi oleh berbagai kemewahan, seperti kursi ‘R Performance’ yang dilapisi kulit dan memiliki fitur pendingin dan pemanas, sistem suara Meridian, dan sejumlah hal menakjubkan lainnya.

Diluncurkan dalam edisi terbatas

Plakat SV Bespoke yang menunjukkan 1 dari 60.

Sebagai produk edisi terbatas, varian F-Type Heritage 60 Edition ini hanya diproduksi sebanyak 60 unit saja. Plakat SV Bespoke pun ditempatkan di samping kursi ‘R Performance’, sebagai pengingat bahwa ini adalah salah satu dari 60 karya seni yang unik di seluruh dunia.

Mobil ini memang eksklusif dan sengaja dibuat demikian untuk memperingati 60 tahun jenis pendahulunya. Paduan kemewahan klasik yang elegan ini dapat dimiliki dengan membayar mulai dari US$330.000 atau sekitar Rp4,7 miliar.

Kenangan indah yang dibangkitkan kembali

Jaguar E-Type 60 Edition.

Bersamaan dengan produksi terbatas F-Type Heritage 60 Edition, Jaguar classic pun meluncurkan 6 E-Type 60 Collection yang menjadi penghormatan pada 2 varian E-Type yang pernah dibuat, yakni 77RW dan 9600HP. Keduanya diproduksi menyerupai bentuk aslinya di masa lalu, dengan warna Flat Out Grey dan Drop Everything Green yang eksklusif dan takkan ditemukan pada Jaguar lainnya.

Pada Maret 1961, Jaguar E‑type menciptakan sejarah ketika '77RW' meluncur dari Coventry ke Jenewa untuk bersama '9600HP' di Motor Show. 

Kebangkitan model klasik Jaguar ini mengikutsertakan mesin XK 6 silinder 3,8 liter 265 bhp dengan manfaat dari paket pendingin yang ditingkatkan bersama radiator, kipas pendingin elektrik, dan pengapian elektronik. Melengkapi berbagai fitur ini, girboks manual lima kecepatan yang dikembangkan secara khusus dan sistem pembuangan baja tahan karat yang dipoles pun siap memberikan pengalaman berkendara terbaik ala Jaguar.

Related Articles