Comscore Tracker
LUXURY

Porsche Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Bernuansa Off-Road

Porsche beri nafas petualangan ke kendaraan listrik.

Porsche Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Bernuansa Off-RoadPeluncuran Porsche Taycan Cross Turismo, Senayan, Jakarta (25/10). (FORTUNEIDN)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Porsche Indonesia mewujudkan perpaduan futuristik kecepatan dan kerahaman lingkungan dalam peluncuran kendaraan listrik New Taycan Cross Turismo, di Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta Pusat, pada Senin (25/10).

Riko Boen, Porsche Trainer dari PT Eurokars Artha Utama, menyebutkan bahwa varian terbaru dari rangkaian all-electric Porsche ini memang mengedepankan tema petualangan sebagai jiwanya. Berinovasi dengan sistem penggerak elektrik 4 roda berkekuatan 800 volt dan ruang kabin serta bagasi yang semakin luas, New Taycan Cross Turismo menghadirkan sebuah kendaraan off-road serbaguna yang dinamis dan berkelanjutan.

New Taycan Cross Turismo memiliki performance battery plus berkapasitas total 93,4 kWH yang tertanam di semua seri Cross Turismo, mulai dari rentang paling standar. Pada varian sebelumnya, yakni Taycan Saloon, kapasitas baterai sebesar ini hanya jadi opsi pada salah satu serinya.

Ada pun, 4 jenis Taycan Cross Turismo adalah seri 4 Cross Turismo, 4S Cross Turismo, Turbo Cross Turismo, dan Turbo S Cross Turismo. Perbedaan keempatnya secara umum terkait dengan teknologi konsumsi elektrifikasinya, overboost power, serta akselerasinya.

Jiwa petualangan yang menghanyutkan

Porsche Taycan Cross Turismo.

Menurut Riko, Taycan Cross Turismo sebenarnya menyerupai Taycan Saloon yang sudah hadir lebih dulu di pasaran. “Perbedaan mendasar antara Taycan Saloon dan Cross Turismo adalah penampilan dan fitur, dimana Cross Turismo lebih rugged (maskulin). Jadi, varian baru ini lebih berjiwa petualang, lebih soulful, lebih menarik, dan lebih kokoh,” katanya kepada Fortune Indonesia.

Riko menambahkan, bahwa ciri khas lain dari Taycan Cross Turismo adalah memiliki gravel mode yang menjadi pengaturan utama kendaraan untuk digunakan di medan off road ringan. Jadi, selain suspensi, motor elektriknya pun dapat disesuaikan untuk berkendara di jalur yang terjal dan menantang.

Secara visual, Taycan Cross Turismo mengikuti studi konsep Mission E Cross Turismo yang dipresentasikan di Geneva Motor Show 2018, yakni siluet garis atap sporty yang miring ke bawah ke belakang—disebut "garis terbang" oleh desainer Porsche.

Elemen desain off-road termasuk wheel arch trim, apron bawah depan dan belakang yang unik, dan side sill. Sebagai bagian dari paket Off-road Design, Cross Turismo memiliki pelindung khusus benturan batu di sudut bumper depan dan belakang serta di ujung kusen.

Porsche optimistis pasarkan Cross Turismo di Indonesia

Jason Broome dan Roby Cahyadi saat peluncuran Porsche Taycan Cross Turismo.

Sementara itu, Jason Broome, Managing Director Porsche Indonesia, mengatakan bahwa dirinya begitu bersemangat membawa Taycan Cross Turismo ke Indonesia. “Melalui jumlah penjualan Taycan yang mengesankan, kami percaya bahwa Cross Turismo akan menerima lebih banyak antusiasme di pasar,” ujarnya dalam peluncuran Taycan Cross Turismo.

Salah satu alasan peluncuran yang baru diadakan saat ini, kata Jason, adalah situasi pandemi yang sudah semakin membaik. Sebenarnya, peluncuran ini rencananya diadakan beberapa bulan lalu. Namun, melihat kondisi Covid-19 yang kurang kondusif, maka baru bisa terwujud saat ini. “Kantor pusat kami memiliki strategi dan rencana, dan Porsche Indonesia akan selalu mengikuti hal tersebut,” katanya.

Kepada Fortune Indonesia, Jason menyampaikan bahwa Cross Turismo yang merupakan bagian dari rangkaian produk kendaraan listrik Porsche adalah sebuah upaya adaptasi perusahaan terhadap isu global yang sedang berkembang, yaitu perubahan iklim. “Bisnis yang sukses dan berkembang cepat adalah bisnis yang mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi,” ujarnya.

Selain itu, Indonesia merupakan pasar yang tepat bagi varian Cross Turismo karena situasi medan alam maupun perkotaan Indonesia yang sangat cocok untuk kendaraan bertema petualangan. Jason juga menilai bahwa hal ini akan menjadi keunggulan Cross Turismo untuk diminati oleh masyarakat Indonesia.

Mencoba melesat bersama dapur pacu berkekuatan listrik

Tampilan hatchback Taycan Cross Turismo.

Berpacu dalam kendaraan canggih yang elegan adalah kesan yang didapat Fortune Indonesia ketika berkesempatan menjajal salah satu varian mobil listrik Porsche, yakni Taycan Turbo S, yang merupakan salah satu seri Taycan Saloon.

Walau belum bisa mencoba langsung dahsyatnya Taycan Cross Turismo, namun secara fitur dan kekuatan, Taycan Saloon pun dapat menggambarkan kecanggihan serta kenyaman berkendara dengan mobil-mobil listrik keluaran Porsche.

Roby Cahyadi, Head of Sales Porsche Indonesia, yang membawa Fortune Indonesia melesat dengan Taycan Turbo S Saloon, mengatakan bahwa seluruh produk kendaraan listrik Porsche dipastikan akan memberikan kesan yang sama dengan mobil balap berbahan bakar minyak yang berjaya di masa sebelumnya.

“Mobil bensin dan mobil listrik kurang lebih sama feel-nya, tapi performancenya jauh beda, terutama dalam hal insta stock. Ini berhubungan dengan akselerasi. Jadi, kalau mobil bensin itu tarikannya relatif lebih delay dibanding mobil listrik yang dalam waktu seketika torsinya bisa kita dapatkan,” kata Roby.

Berkendara dengan rangkaian all-electric Porsche sesaat akan membuat lupa bahwa sedang meluncur dengan mobil berkekuatan listrik. Porsche sudah membuktikan bahwa dapur pacu balap tak selalu bertentangan dengan upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan berkelanjutan. Namun demikian, hingga berita ini diturunkan, pihak Porsche belum berkenan merilis harga dari varian terbarunya.

Related Articles